Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Setelah IPO, Nanti Akan Ada Program Rencana Insentif Di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)

 Assalamu'allaikum....

GoTo Gojek Tokopedia
GoTo Gojek Tokopedia

rizensia - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) secara resmi masuk kedalam proses Book Building, Selasa (15/03/2022). Dimana dalam proses penawaran saham atau intial publik offering (IPO) GOTO melepas 52 miliar lembar saham, dengan rentan harga per lembarnya di Rp316-346. Maka nantinya GOTO akan menghimpun dana IPO sebanyak 17,99 triliun.

Adapun setelah GOTO IPO di pasar modal, nantinya mereka akan melakukan dua program insentif yaitu Program Rencana Insentif Jangka Panjang (long-term incentive plan program) dan Program Kepemilikan Saham (share ownership program), seperti tertera dalam prospektus GOTO.

Tujuan dari kedua program ini:

  • menciptakan semangat kepemilikan atas Perusahaan melalui pemberian insentif untuk meningkatkan value creation bagi Perusahaan dan pemangku kepentingan;
  • menarik dan mempertahankan talenta berkualitas dan tetap kompetitif di pasar talenta global dimana terdapat persaingan yang tinggi untuk talenta berbasis teknologi, yang mana hal ini merupakan standar pasar dan bagian yang kritikal dari kompensasi secara keseluruhan; dan
  • menghargai pencapaian dan mempromosikan budaya berbasis kinerja tinggi.

Program Rencana Insentif Jangka Panjang (Long-Term Incentive Plan Program

Program ini terdiri dari dua yang pertama, Program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan (Shares Option Program), dimana nantinya GPF (Goto Peopleverse Fund) dan PT SAB (PT Saham Anak Bangsa) masing-masing tercatat memiliki 106.908.291.844 Saham Seri A dan 26.888.988.841 Saham Seri B dari GoTo.

Selanjutnya, Program Kompensasi Pembayaran Tunai Karyawan Vietnam (Vietnam Employee Cash-Settled Compensation Program). Program ini merupakan bagian dari Program Saham Gotong Royong. Akan tetapi karyawan Vietnam tidak akan memperoleh atau memegang saham Emiten, namun akan menerima uang tunai, secara langsung ataupun tidak langsung, dari Emiten. 

Kategori dan persyaratan pihak yang dapat mengikuti program ini adalah Karyawan Vietnam yang menandatangani kontrak ketenagakerjaan dengan Perusahaan Anak yang didirikan berdasarkan Hukum Negara Vietnam.

Program Kepemilikan Saham (Share Ownership Program)

Nah, program ini merupakan program rencana insentif jangka panjang baru yang akan memberikan hak kepada karyawan, anggota Direksi, anggota Dewan Komisaris Perusahaan untuk mengambil bagian atas penerbitan.

Emiten akan menerbitkan hak kepada Partisipan SOP yang memberikan kesempatan kepada Partisipan SOP untuk mengambil bagian atas Saham Seri A baru sebanyak-banyaknya sebesar 16.870.601.100 Saham Seri A (“Saham SOP”) atau sebesar-besarnya 1,5% (satu koma lima persen) dari modal ditempatkan dan disetor pada saat pengumuman RUPS yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2021, setiap tahun untuk periode 10 tahun setelah Tanggal Efektif.

Seluruh Saham SOP yang diterbitkan dalam Program Kepemilikan Saham (Shares Ownership Program) mempunyai hak yang sama dan sederajat dalam segala hal dengan Saham Seri A lainnya yang telah ditempatkan dan disetor penuh Emiten.

Maksimum potensi dilusi atas pelaksanaan Program Kepemilikan Saham (Shares Ownership Program) selama periode 10 tahun adalah sekitar 11,37% (sebelas koma tiga tujuh persen) dengan asumsi pelaksanaan Program Kepemilikan Saham (Shares Ownership Program) telah selesai dilaksanakan setelah Penawaran Umum Perdana Saham dan Penawaran Internasional.

Dari setiap program tersebut GOTO menanggung beban biaya kompensasi berbasis saham terkait partisipan yang programnya dialihkan kepada GPF sebesar Rp5,1 triliun untuk sisa periode vest, PT SAB sebesar Rp8,7 triliun, dan program SOP sebesar Rp5,51 triliun.

Bagaimana menurut kamu?

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!