Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Perbedaan Jenis Usaha Antara BUMI dan BRMS

PT. Bumi Recources Tbk (BUMI) dan PT. Bumi Recources Minerals Tbk (BRMS) adalah dua emiten terafiliasi dengan Group Bakrie

Assalamu'allaikum....

Logo BUMI dan BRMS
Logo BUMI dan BRMS

rizensia - PT. Bumi Recources Tbk (BUMI) dan PT. Bumi Recources Minerals Tbk (BRMS) adalah dua emiten terafiliasi dengan Group Bakrie, meski data kepemilikan saham di kedua emiten itu tak memperlihatkan bahwa Bakrie Group sebagai pemegang saham mayoritas.

Namun pengaruh dari Bakrie Group di kedua emiten itu masih terasa, bahkan keluarga bakrie ada yang menempati posisi sebagai komisaris dan direktur di kedua perusahaan ini.

Artikel kali ini kami akan membahas tentang perbedaan mengenai jenis usaha antara PT. Bumi Recources Tbk dan PT Bumi Recources Minerals Tbk (BRMS). 

Terkadang para investor ritel pemula masih bingung membedakan kedua perusahaan ini, sehingga ketika terjadi aksi korporasi disalah satu emiten investor ritel salah dalam mengambil posisi peluang dari fluktuasi harga saham kedua perusahaan ini.

PT. Bumi Recources Tbk (BUMI)

BUMI sendiri adalah perusahaan holding yang mengelolah dua perusahaan tambang Batubara terbesar di Indonesia yakni PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT. Arutmin Indonesia (Arutmin), kemudian memiliki anak usaha dibidang tambang minerals seperti emas, tembaga, seng dan timbal  melalui PT. Bumi Recources Minerals Tbk.

Asal kamu tau, bahwa cadangan batubara dari kedua anak usaha BUMI yakni KPC dan Arutmin sangat melimpah. Merujuk data dari Joint Ore Reserves Commite (JORC) Maret 2018, cadangan batubara Arutmin mencapai 213 juta ton dan memiliki sumber daya sebesar 1,66 miliar ton. Sementara KPC masih memiliki cadangan sebanyak 1,07 miliar ton dan sumber daya sebesar 6,9 miliar ton.

PT. Bumi Recources Minerlas Tbk (BRMS)

Sendangkan BRMS adalah perusahaan holding yang mengelolah perusahaan tambang emas yakni PT. Citra Palu Minerals (CPM), perusahaan tambang tembaga dan emas PT. Gorontalo Minerals, dan perusahaan tambang seng dan timbal yakni PT. Dairi Prima Mineral.

Untuk CPM saat ini telah melakukan penambangan emas dan telah berproduksi, targetnya pada kuartal 2 tahun ini produksi tambang emas ini menjadi 4.500 ton biji per hari dari sebelumnya hanya 500 ton biji per hari.

Sementara PT. Gorontalo Minerals dalam tahap pengembangan begitu pula dengan PT. Dairi Prima Mineral.

Jadi, bagaimana? Sudah tau perbedaan antara BUMI dan BRMS? 

BUMI adalah induk dari BRMS, usaha yang dijalankan BUMI adalah usaha tambang batubara melalui KPC serta Arutmin dan tambang mineral seperti emas dijalankan oleh BRMS.

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!