Bank BTN dan Bank BTPN Apakah Sama?

Sekilas namanya hampir mirip, sehingga membuat masyarakat bingung untuk membedakan antara Bank BTN dan Bank BTPN.

 Assalamu'allaikum...

Ilustrasi Bank
Ilustrasi Bank

rizensia - Bank di Indonesia jumlahnya sangat banyak, bahkan dari bank skala nasional sampai daerah tak terhitung jumlahnya. Jika bank skala nasional contohnya seperti BRI, BCA, Mandri dan BNI, Di daerah ada Bank Pembangunan Daerah (BPD) seperti Bank DKI, Bank Jatim, atau Bank Sulteng. Kemudian, Ada juga Bank Perkreditan Rakyat (BPR) disetiap daerah pasti ada.

Nah, sangking banyaknya Bank, terkadang orang bingung membedahkannya, salah satu contoh antara PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk dan PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk atau sekarang disebut PT Bank BTPN Tbk.

Sekilas namanya hampir mirip, sehingga membuat masyarakat bingung untuk membedakan antara Bank BTN dan Bank BTPN.

Sekilas Tentang Bank BTN

Ilustrasi. Foto via Tribunnews
Bank BTN

Seperti dikutip dari situs resminya, PT Bank Tabungan Negara, (Persero),Tbk (Bank BTN) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang Perbankan. Bank ini tak bisa dipisahkan dengan layanan pembiayaan sektor perumahan. Sehingga tak heran jika nama BTN terkadang disematkan oleh masyarakat untuk menyebut suatu perumahan siap huni.

Bank BTN dalam melayani masyarakat melakukan proses pembiayaan perumahan melalui tiga produk utama, yaitu perbankan perseorangan, bisnis dan syariah.

Sekilas Tentang Bank BTPN

Bank BTPN. Foto via Banten Tribun
Bank BTPN

Sementara Bank BTPN adalah bank devisa yang memfokuskan diri untuk melayani dan memberdayakan segmen masyarakat berpendapatan rendah yang terdiri dari para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta komunitas prasejahtera produktif (mass market).

Kemudian, pada tahun 2019 kemarin PT Bank BTPN Tbk telah sukses dan resmi beroperasi sebagai bank baru hasil penggabungan usaha (merger) antara PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI). Sehingga hasil penggabungan ini menjadi Bank dengan pelayanan yang lebih luas, tak hanya melayani segmen nasabah ritel tetapi juga korporasi.

Perlu kamu ketahui, bahwa Bank BTPN bukan perusahaan miliki negara. Perusahaan ini mayoritas sahamnya dipegang oleh Bank asal Jepang yakni Sumitomo Mtsui Banking Corporation.

Produk yang paling terkenal dari Bank ini adalah Jenius, yaitu sebuah aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu masyarakat dalam mengatur life finance secara lebih mudah, cerdas, dan aman melalui smartphone.


Bank BTN dan Bank BTPN juga sama-sama menjadi emiten di pasar modal indonesia, untuk kode saham kedua bank ini yaitu BBTN untuk Bank BTN, sementara BTPN untuk kode saham Bank BTPN.

Jadi bagaimana, sudah tau akan perbedaan kedua bank tersebut? Semoga bermanfaat.

***

Email: [email protected]
WA: 089657444900
Kami hadir di GOOGLE NEWS

2 komentar

  1. kalau ambil uang di btpn meskipun kartu debitnya btn bisa? adanya btpn yang btn jauh jauh lokasinya.
    1. Selama kartu debit BTNnya punya logo ATM Bersama, atau ATM Link, maka biar di ATM bank lain masih bisa digunakan, termasuk di Bank BTPN.
Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!