Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Daftar Negara Pemilik Cadangan dan Produsen Nikel Terbesar di Dunia

Terjadinya perang antara Negara Rusia dan Ukraina di awal tahun 2022 ini, memicu melonjaknya harga komuditas-komuditas dunia, tak terkecuali Nikel.

Assalamu'allaikum....

Negara Pemilik Cadangan dan Produsen Nikel Terbesar di Dunia

rizensia - Terjadinya perang antara Negara Rusia dan Ukraina di awal tahun 2022, memicu melonjaknya harga komuditas-komuditas dunia, tak terkecuali Nikel. 

Kenaikan harga nikel dunia dikarenakan pelaku pasar cemas terkendala pasok nikel dunia. Ini dikarenakan sentimen Rusia sebagai salah satu produsen terbesar nikel dunia sedang mengalami masalah sanksi dari negara-negara sekutu Amerika Serikat akibat dari infasi militernya ke Ukraina.

Sementara itu, pada perdagangan saham 7-8 Maret 2022, harga saham emiten pertambangan nikel di Indonesia mengalami lonjakan harga. Ini akibat sentimen Indonesia sebagai negara pemasok nikel terbesar didunia dan berpotensi menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan nikel dunia, jika sanksi terhadap Rusia berlanjut.

Dikutip dari Wikipedia, Nikel adalah unsur kimia metalik dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ni dan nomor atom 28. Nikel adalah logam berwarna putih keperak–perakan sedikit semburat keemasan. Nikel termasuk logam transisi, dan memiliki sifat keras serta ulet. Nikel juga tergolong dalam grup logam besi-kobalt, yang dapat menghasilkan paduan yang sangat berharga.

Nikel sendiri dalam penggunaanya di Industri menjadi salah satu campuran dalam pembentukan stainless steel, bahan elektronik, bahan pembuatan baterai dan lain-lain.

Nah, lalu selain Rusia dan Indonesia siapa lagi negara yang memiliki cadangan dan menjadi produsen nikel terbesar di Dunia? Berikut ini daftarnya:

Negara Dengan Cadangan Nikel Terbesar di Dunia

  1. Indonesia, menguasai 52% cadangan nikel dunia.
  2. Australia, menguasai 15% cadangan nikel dunia.
  3. Brazil, menguasai 8% cadangan nikel dunia.
  4. Rusia, menguasai 5% cadangan nikel dunia.
  5. Gabungan sejumlah negara seprti Kuba, Filipina, China, Kanada, dan lainnya, menguasai 20% cadangan nikel dunia.

Data ini dilansir dari CNBC Indonesia berdasarkan pemaparan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2020 dalam booklet bertajuk "Peluang Investasi Nikel Indonesia", Indonesia disebut memiliki cadangan nikel sebesar 72 juta ton Ni (nikel). Jumlah ini merupakan 52% dari total cadangan nikel dunia yang mencapai 139.419.000 ton Ni. Data tersebut merupakan hasil olahan data dari USGS Januari 2020 dan Badan Geologi 2019.

Negara Produsen Nikel Terbesar di Dunia

  1. Indonesia 800.000 ton Ni atau 30% dari produksi dunia.
  2. Filipina 420.000 ton Ni atau 16% dari produksi dunia.
  3. Rusia 270.000 ton Ni atau 10% dari produksi dunia.
  4. New Caledonia 220.000 ton Ni atau 8,2% dari produksi dunia.
  5. Gabungan negara lainnya 958.000 ton Ni atau 36% dari produksi dunia.

Data per 2019, Indonesia memproduksi 800 ribu ton Ni atau setara 30% dari produksi nikel dunia 2.668.000 ton Ni. Data ini bersumber dari Kementerian ESDM yang mengolah data USGS 2020.

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!