Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Tips Mengetahui Pergerakan Saham Lewat Bandarmology

bandar mempunyai banyak fungsi seperti sebagai pihak yang menciptakan/membuat pasar, sebagai pihak pembuat harga, dan menjadi pihak yang menciptakan l

 Assalamu'allaikum....

Mengetahui Pergerakan Bandar
Mengetahui Pergerakan Bandar

rizensia - Dalam setiap perdagangan pasti punya bandarnya masing-masing, contoh seperti bandar bawang, bandar cabai, dan termasuk didalamnya perdagangan saham.

Apa itu Bandar?

Bandar adalah pihak yang memiliki banyak uang atau barang. Mereka bisa berupa individu, kelompok orang, atau bahkan institusi tertentu. Dengan dana besar tersebut, seorang bandar bisa mengendalikan harga barang. Tujuannya untuk memperoleh keuntungan.

Fungsi Bandar di Pasar Saham

Di saham, bandar mempunyai banyak fungsi seperti sebagai pihak yang menciptakan/membuat pasar, sebagai pihak pembuat harga, dan menjadi pihak yang menciptakan liquiditas.

Baca: Fungsi dan Istilah Bandar Saham di Pasar Modal

Nah, mengetahui pergerakan bandar di suatu saham sangat penting untuk diketahui oleh investor ritel. Karena jika kita mengetahui bandar suatu saham, maka kita bisa menunggangi pergerakan harga saham tersebut untuk mendapatkan capital gain.

Mengetahui Pergerakan Saham

Setidaknya ada 2 tips mengetahui pergerakan saham dari tipe bandarnya, seperti yang dijelaskan oleh analis dan pendiri dari Creative Trader System, Argha J Karo Karo. 

Dalam sebuah wawancara bersama CNBC Indonesia TV. Ia menjelaskan ada dua jenis saham di Indonesia, pertama saham yang dibandari investor asing dan kedua saham yang dibandari investor lokal.

"Ada dua jenis saham di Indonesia, saham yang dibandari oleh investor asing sama saham yang dibandari investor lokal." jelasnya.

Saham yang di Bandari Asing

Untuk saham yang dibandari oleh investor asing adalah saham yang presentasi kepemilikan asing mayoritas dibandingkan investor lokal. 

Untuk saham jenis ini menurut Argha mudah untuk dideteksi, karena dalam sistem bursa menampilkan fitur seperti 'Buy net asing' dan 'Sell net asing'.

Ia pun memberikan tips agar kita bisa mengambil keuntungan dari pergerakan saham yang dibandari asing. Dimana cukup dengan mengikuti pergerakan bandar, seperti asing beli saham, maka kita harus beli dan begitu pula sebaliknya.

"Cuman kita sebagai trader atau investor, kita tidak diwajibkan untuk melawan investor asing. Kalau kita melihat asingnya beli, maka kita juga ikut beli. Jika yang lain (lokal) jualan nggak apa-apa, asing pengen akumulasi karena lokal jualan." Ujarnya

Saham yang di Bandari Lokal

Untuk saham yang dibandari oleh investor lokal adalah saham yang presentasi kepemilikan lokal mayoritas dibandingkan investor asing. 

Nah, menurut argha untuk saham jenis ini agak sulit untuk dideteksi pergerakan bandarnya karena sama-sama lokal, bandarnya lokal kita pun lokal.

"Yang masalah itu bandar lokal, itu yang jadi masalah. Karena disitu asing bukan bandar, kita harus mengikuti orang lokal, masalahnya kita juga orang lokal." ujarnya

"Kalau bandarnya bandar lokal, kita harus belajar melihat transaksi broker-brokernya. Broker yang beli, broker mana aja nih? Apakah yang beli broker-broker investor ritel atau bukan? Atau kalau saham IPO barangnya biasanya banyak di underwriter." ujaranya

"Jadi kalau underwriter'nya jual, itu bisa menjadi indikasi tambahan untuk jual dan kalau underwriter'nya lagi beli, berarti bandarnya lagi beli." tambahnya.


Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!