Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Macam-Macam Surat Utang Negara (SUN)

 Assalamu'allaikum....

rizensia - Taukah Anda?, bahwa setiap tahunnya penerimaan negara itu tidak pasti, akan tetapi yang pasti adalah alokasi belanja negara yang dianggarkan secara rutin tiap tahunnya. Pemenuhan ini bertujuan agar semua kebutuhan warga negara dapat terpenuhi dengan baik.

Macam-Macam Surat Utang Negara (SUN)

Contohnya, seperti anggaran untuk membangun infrastruktur jalan antar provinsi dengan biaya Rp 10 triliun, namun yang bisa dipenuhi hanya Rp 5 triliun saja. Tentu ini akan menghambat proses pembangunan jalan dan tentunya akan menciptakan perlambatan ekonomi masyarakat, karena akses untuk logistik menjadi terhambat.

Disisi lain, negara juga harus hadir memberikan ketersediaan infrastruktur yang memadai, agar kesejahteraan masyarakat meningkat imbas dari pembangunan infrastruktur jalan antar provinsi tersebut.

Kemudian, kenapa penerimaan negara tidak bisa memenuhi anggaran yang sudah ditetapkan?

Dikutip dari blog.modalku.com, penerimaan negara besarnya tidak pasti dan sangat bergantung pada geliat ekonomi nasional dan internasional. Saat penerimaan rendah, diperlukan instrumen untuk menutupi kekurangan anggaran. Misalnya utang ke lembaga internasional seperti IMF (International Monetary Fund), ADB (Asian Development Bank), World Bank, atau pinjaman dari negara lain.

Nah, Pemerintah Indonesia sendiri selain melakukan beberapa opsi pinjaman seperti yang dijelaskan diatas, juga melakukan penerbitan produk-produk Surat Utang Negara (SUN) seperti berikut ini:

Obligasi Negara Ritel (ORI)

Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah sebuah produk surat utang yang tawarkan (dijual) hanya kepada investor individu (WNI) melalui Agen Penjual dengan minimal pembelian Rp1 juta. Kemudian, jangka waktu ORI rata-rata 3 tahun dengan jenis mata uang Rupiah. Kupon bersifat tetap (fixed), dibayar tiap bulan dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Surat Perbendaharaan Negara (Treasury Bills)

Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dijual kepada investor institusi melalui lelang dan private placement, jangka waktu maksimum 1 tahun, dengan jenis mata uang Rupiah dan tingkat kupon berupa diskonto.

SUN Valas 

SUN berdenominasi Valuta Asing diterbitkan di pasar internasional dalam mata uang USD, EUR dan JPY. Penjualan SUN Valas di pasar internasional dilakukan melalui Joint Lead Manager (JLM).

Saving Bond Ritel

Savings Bond Ritel (SBR) dijual kepada investor individu melalui Agen Penjual dengan minimal pembelian Rp1 juta. Kupon SBR bersifat mengambang mengikuti LPS rate dengan batas kupon minimal (floating with floor), dibayar tiap bulan dan tidak dapat diperdagangkan.

Obligasi Negara (Treasury Bonds)

Obligasi Negara (ON) dijual kepada investor institusi melalui lelang dan private placement.  Jangka waktu ON diatas 1 tahun, dengan jenis mata uang Rupiah atau USD. Kupon Obligasi Negara dapat bersifat tetap (fixed), dibayar setiap 6 bulan atau bersifat mengambang (floating) yang dibayar setiap 3 bulan sekali.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Surat Utang Negara (SUN)"

Langganan Artikel Kami