Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Reksadana Campuran? Bagaimana Mekanismenya?

Assalamu'allaikum....

rizensia - Setelah beberapa artikel sebelumnya kami membahas tentang Reksadana Pasar Uang dan Reksadana Pendapatan Tetap, maka pada artikel ini kami akan membahas tentang Reksadana Campuran.

Ilustrasi Reksadana Campuran. Foto via myjourney

Baca juga: 

Apa itu Reksadana Campuran?

Seperti dikutip dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bahwa Reksadana Campuran adalah investasi yang menanamkan dananya di berbagai macam efek, antara lain ekuitas (saham), surat utang (obligasi), dan pasar uang (deposito). 

Kemudian, masing-masing alokasinya merupakan kombinasi antara efek ekuitas (saham) dan efek utang (obligasi) tidak ada yang melebihi 79% dari Nilai Aktiva Bersih (NAB).

Reksadana ini sangat cocok buat profil investor yang moderat dan memiliki tujuan jangka menengah panjang seperti 3-5 tahun lebih. Dan tingkat resikonya lebih besar daripada Reksadana Pendapatan Tetap dan dibawah Reksadana Saham.

Mekanisme Reksadana Campuran?

Investor akan membeli unit dari Reksadana Campuran, kemudian hasil dana yang telah terkumpul akan masuk dan diinvestasikan pada instrumen investasi seperti ekuitas (saham), surat utang (obligasi), dan pasar uang (deposito).

Dari unit Reksadana yang dibeli nanti harganya bisa meningkat atau turun, seiring dengan berjalannya waktu dari hasil investasi pada instrumen Reksadana Campuran. Turun dan naiknya harga unit dari Reksadana Campuran diakibatkan oleh gejolak pada instrumen saham, serta disebabkan oleh tingkat suku bunga naik atau turun. Dimana jika suku bunga naik, maka nilai obligasi menjadi turun karena investor cenderung berburu instrumen pasar uang. Namun, jika suku bunga turun, maka nilai obligasi biasanya akan naik.

Keuntungan Reksadana Campuran

Kemudian, tingkat keuntungan dari Reksadana ini terbilang cukup besar, mengambil contoh dalam waktu 3 tahun terakhir (per 3 Agustus 2020) terdapat Reksadana Campuran yang memiliki nilai rata-rata imbal hasil (retrun) 62,96 persen.

Sumber: Bareksa Reksadana Campuran

Kemudian Reksadana Campuran bisa dibeli hanya dengan modal awal Rp100.000, ini sangat terjangkau bagi semua kalangan. Tak sampai disitu, keuntungan lain dari Reksadana Campuran adalah bebas dari pajak, sehingga keuntungan yang didapatkan bersih untuk investor. Selanjutnya dana bersifat likuid dan waktu pencairannya bersifat fleksibel.

Bagaimana menurut kamu..? Apakah tertarik untuk berinvestasi di Reksadana Campuran?

Semoga bermanfaat.!

Posting Komentar untuk "Apa Itu Reksadana Campuran? Bagaimana Mekanismenya?"

Langganan Artikel Kami