Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap? Bagaimana Mekanismenya?

Assalamu'allaikum....

rizensia - Seperti kita ketahui bahwa produk reksadana memiliki beberapa jenis, seperti Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatn Tetap, Reksadana Campuran dan Reksadana Saham.

Ilustrasi Reksadana Pendapatan Tetap. Foto via  Koinworks

Nah, dari ke 4 produk ini mempunyai tingkat resiko dan potensi keuntungan yang berbeda-beda, tingkat resiko terendah adalah Reksadana Pasar Uang tapi memiliki tingkat keuntungan rendah, sementara Reksadana Saham mempunyai resiko paling tinggi dengan tingkat keuntungan yang tinggi.


Pada artikel ini, kita lebih spesifik membahas tentang Reksadana Pendapatan Tetap. Berikut penjelasannya:

Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap?

Reksadana Pendapatan Tetap adalah produk dimana dana investasinya 80% berupa obligasi atau sukuk berbasis utang. Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan, baik dalam bentuk surat berharga dengan jangka investasinya menengah dan jangka panjang.

Untuk mendapatkan retrun yang maksimal dari reksadana ini, membutuhkan waktu sekitar 1-3 tahun.

Mekanisme Reksadana Pendapatan Tetap

Mekanisme dari Reksadana Pendapatan Tetap yaitu Manajer Investasi (MI) akan menjual unit dari produk reksadana, kemudian uang yang terkumpul akan diinvestasikan pada instrumen obligasi dengan tenor diatas satu tahun, nantinya harga dari unit reksadana pendapatan tetap atau NAB (Nilai Aktiva Bersih) akan meningkat atau turun seiring dengan kondisi ekonomi global atau nasional. Apabila tingkat suku bunga naik, maka nilai obligasi turun karena investor cenderung berburu instrumen pasar uang. Namun, jika suku bunga turun, nilai obligasi biasanya akan naik.

Reksadana ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi pada jangka waktu 1-3 tahun, karena nilai aktiva bersih tergolong stabil. Jika terjadi fluktuasi maka nilainya tidak akan terlalu tinggi.

Keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap

Resiko Reksadana Pendapatan Tetap pada dasarnya lebih tinggi daripada Reksadana Pasar Uang, dan lebih rendah dibandingkan dengan Reksadana Saham. Nantinya investor akan memperoleh pendapatan tetap secara berkala dari instrumen investasi ini dalam bentuk kupon bunga pinjaman.

Keuntungan lainnya adalah bebas dari pajak, sehingga keuntungan yang didapatkan bersih untuk investor. Selanjutnya dana bersifat likuid dan waktu pencairannya bersifat fleksibel. Untuk minimal dana yang diinvestasikan pada reksadana ini adalah 100 ribu rupiah.

Bagaimana? Apakah tertarik menyimpan dana ke Reksadana Pendapatan Tetap?

Semoga artikel ini bermanfaat.....

Posting Komentar untuk "Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap? Bagaimana Mekanismenya?"

Berlangganan Artikel via Email