Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Siapa Sangka?? Ketika Membaca Doa Ini Saat Shalat, Pintu Langit Terbuka

Assalamu'allaikum....



Rizensia.com – Shalat adalah salah satu media kita agar dekat dengan sang pencipta. Dalam shalat disetiap gerakannya kita di hadapkan dengan doa yang mana tujuan utamanya adalah mengagungkan Allah Subhanahu Wa’ Taala.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa ada satu doa didalam shalat dimana ketika kita membaca doa tersebut maka pintu langit akan terbuka. Doa apakah itu..???

Berikut Rizensia bagikan, seperti yang kami kutip dari NU.or.id. Bahwa doa Iftitah merupakan doa yang dibaca pada waktu shalat tepat setelah takbiratul ihram. Doa itu merupakan ketetapan dari Rasulillah saw. Dimana Doa iftitah berisikan ungakapan pujian atas kebesaran-Nya. Juga berisikan pengakuan kelemahan dan kelengahan insan hingga memerlukan perlindungan dan pengampuanan dari-Nya. Permohonan petunjuk agar diberikan akhlaq yang mulia dan dihindarkan dari berbagai akhlaq yang buruk, demikian keterangan yang terdapat dalam Ibanatul Ahkam.

Ibnu Umar radhiallahu anhu berkata bahwa pada suatu waktu kami shalat bersama Nabi Muhammad saw, tiba-tiba ada seorang jama’ah bersuara

“ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ﻛﺒﻴﺮﺍ ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻭﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻜﺮﺓ ﻭﺍﺻﻴﻼ ”

lantas Rasulullah saw bertanya “siapa yang mengatakan kalimat tadi?” orang yang bersuara tadi menjawab “saya Ya Rasul..!”

Kemudian Rasulullah berkata “saya heran dengan kalimat itu, karena kalimat itu mampu membuka pintu-pintu langit”. Lalu Ibnu Umar berkata semenjak mendengar pernyataan Rasulullah itu (tentang doa iftitah) aku tidak pernah meninggalkan bacaan kalimat tersebut.

Adapun bacaan dan terjemahan dari doa iftitah yang dibaca setelah takbiratul ihram (rakaat pertama) sebelum surat alfatihah adalah sebagai berikut. Untuk mempermudah pemahaman ditulis secara terpisah:

ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ﻛﺒﻴﺮﺍ ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻭﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻜﺮﺓ ﻭﺍﺻﻴﻼ .

(Allahu akbar, kabirau walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukrotaw washila)

Artinya:
Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-banyak pujian. Dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore.

ﺃﻧﻰ ﻭﺟﻬﺖ ﻭﺟﻬﻲ ﻟﻠﺬﻯ ﻓﻄﺮ ﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ ﻭﺍﻷﺭﺽ ﺣﻨﻴﻔﺎ ﻣﺴﻠﻤﺎ ﻭﻣﺎ ﺃﻧﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺸﺮﻛﻴﻦ .

(inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal arha hanifam muslimaw wa ma ana minal musyrikin)

Artinya:

Kuhadapkan wajahku kepada Dzat yang mencipta langit dan bumi dalam keadaan lurus dan pasrah. Dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah.

ﺍﻥ ﺻﻼﺗﻰ ﻭﻧﺴﻜﻰ ﻭﻣﺤﻴﺎﻱ ﻭﻣﻤﺎﺗﻰ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻻﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ ﻭﺑﺬﻟﻚ ﺍﻣﺮﺕ ﻭﺍﻧﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ

(inna shalati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi rabbil alamin la syarika lahu wa bidzalika umirtu wa ana minal muslimin)

Artinya:

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku semata hanya untuk Allah Tuhan Semua Alam, tiada sekutu bagi-Nya. dan begitulah aku diperintahkan dan aku dari golongan orang muslim.

Maka jangan tinggalkan doa Iftitah didalam shalat-shalat Anda, semoga dengan kita membaca doa tersebut Allah Subhanahu Wa’ Taala akan membukakan pintu Rahmatnya kepada kita. Aamiin…..


Sumber: http://www.nu.or.id/post/read/50873/doa-iftitah-membuka-pintu-langit

Posting Komentar untuk "Siapa Sangka?? Ketika Membaca Doa Ini Saat Shalat, Pintu Langit Terbuka"

Langganan Artikel Kami