Krakatau Steel (KRAS) dan Chandra Asri (TPIA) Tandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Senilai Rp3,24 Triliun

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) telah melakukan penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat (CSPA) dengan PT Chandra Asri Tbk (TPIA)
Krakatau Steel dan Chandra Asri Tandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Senilai Rp3,24 Triliun
Kawasan Industri TPIA. Foto istimewa

rizensia - PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) yang merupakan anak usaha dari PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) telah melakukan penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat (CSPA) dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) pada 30 Desember 2022.

Pada 3 Jnuari 2023 juga telah terjadi penandatanganan perjanjian shareholders agreement (SHA), dimana kedua perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT KSI Agus Nizar dan Presiden Direktur TPIA Erwin Ciputra disaksikan oleh Direktur Utama KRAS Silmy Karim.

Dalam keterangannya Kepada BEI, Direktur Utama PT KSI, Agus Nizar Vidiansyah menyampaikan, "penandatanganan CSPA dan SHA tersebut merupakan rangkaian dari proses divestasi saham PT KSI pada anak perusahaannya yaitu PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL) dan PT Krakatau Tirta Industri (PT KTI)."

"Dalam CSPA disepakati rencana pembelian saham PT KSI di PT KDL oleh Chandra Asri adalah sebesar 70% dan saham PT KSI di PT KTI oleh Chandra Asri sebesar 49% dengan nilai total sebesar Rp3,24 Triliun," tambahnya.

Proses divestasi ini dilakukan dengan didampingi oleh Jaksa Pengacara Negara dari Tim Jamdatun dan konsultan independen untuk memastikan proses divestasi sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik.

"Pembelian saham tersebut akan dilakukan setelah masing-masing pihak baik PT KSI maupun Chandra Asri telah memenuhi kondisi prasyarat sesuai dengan yang telah disepakati dalam CSPA," terang Agus Nizar Vidiansyah.

"Sedangkan penandatanganan SHA adalah merupakan salah satu dari beberapa prasyarat yang perlu dipenuhi dalam CSPA, oleh karenanya SHA tersebut belum menjadi efektif saat ini dan baru akan efektif setelah seluruh prasyarat telah terpenuhi, yaitu pada Tanggal Penutupan nanti,” jelasnya.

Manajemen juga menjelaskan, proses divestasi anak usaha KRAS selain dilakukan untuk keperluan pemenuhan kewajiban KRAS sesuai dengan Perjanjian Kredit Restrukturisasi dengan kreditur juga guna mewujudkan sinergi bisnis antara Chandra Asri dan PT Krakatau Steel Grup.

Sementara itu, Presiden Direktur Chandra Asri, Erwin Ciputra, menyampaikan bahwa Chandra Asri sangat antusias untuk mengeksekusi strategi “programmatic M&A” untuk memposisikan Chandra Asri pada pertumbuhan bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan.

“Akuisisi “bolt-on” ini didukung dengan arus kas yang stabil dan tangguh serta dukungan dari bank untuk pendanaan Chandra Asri," ungkap Erwin.

"Strategi ini semakin meningkatkan fundamental bisnis kami dan membuka banyak sinergi menarik, antara lain untuk diversifikasi pendapatan dalam utilitas pendukung serta selaras dengan rencana ekspansi kompleks petrokimia kedua dan industri hilir berskala dunia,” ujar Erwin.

Erwin menambahkan bahwa pihaknya berharap kerja sama antara Chandra Asri dengan PT KSI maupun dengan KRAS Grup dapat terjalin lebih baik dan saling menguatkan pengembangan industri kedepannya.

PT KDL saat ini tengah mengembangkan usaha dari energi terbarukan yang selaras dengan strategi Chandra Asri dalam menerapkan transisi energi hijau. PT KDL belum lama ini meluncurkan brand yang akan menaungi produk energi terbarukan bernama ERICS (Empowering Renewable Energy of Indonesia with Krakatau Solution) yang selama tahun 2022 ini sudah meluncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di sejumlah area di Cilegon, Banten, termasuk di area Waduk Kerenceng milik PT KTI.

Chandra Asri saat ini juga mengimplementasikan transisi energi hijau sebagai bagian dari upaya Perusahaan dalam menerapkan peta jalan gas rumah kaca (GRK) serta untuk mendukung Nationally Determined Contribution (NDC) serta Long Term Strategy for Low Carbon and Climate Resilience 2050 (Visi Indonesia 2050 LTS-LCCR)

***

Email: [email protected]
WA: 089657444900
Kami hadir di GOOGLE NEWS

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!