Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Daftar Startup "Online Grocery" Di Indonesia, Kamu Pengguna Yang Mana?

ehadiran Allofresh sebagai pemain baru didunia online grocery, semakin membuat geliat pertumbuhan pasar startup grocery di Indonesia.

Assalamu'allaikum....

Startup Grocery di Indonesia
Startup Grocery di Indonesia

rizensia - Kehadiran Allofresh sebagai pemain baru didunia online grocery, semakin membuat geliat pertumbuhan pasar startup grocery di Indonesia. Didukung oleh PT Trans Ritel Indonesia, Bukalapak dan Growtheum Capital. Digadang-gadang layanan ini akan menjadi pemimpin diantara startup e-grocery yang sudah ada sebelumnya, ini dikarenakan kolaborasi yang terjalin antara Trans Ritel dan Bukalapak sebagai investornya.

Layanan online grocery sendiri adalah layanan yang memungkinkan pengguna memesan kebutuhan sehari-hari, seperti sayuran dan bahan makanan lainnya, lewat aplikasi. Bentuknya on-demand, pesanan diantar langsung ke rumah masing-masing dalam kerangka waktu yang ditentukan, biasanya juga untuk menjaga kesegaran. Tak ayal pengembang platform tersebut juga punya kurir pengantarannya sendiri.

Di Indonesia, penetrasi online grocery masih di seputar kota besar seperti Jabodetabek. Meski demikian, potensinya dinilai masih besar. 

Dalam riset yang dilakukan oleh The Institute of Grocery Distribution (IGD) Asia menyebutkan bahwa nilai pasar online grocery akan bertumbuh 198% dari US$99 miliar di 2019 jadi US$295 miliar di 2023. Asia Tenggara diproyeksikan akan mendapati pertumbuhan tercepat, kendati secara nilai belum sebesar di Jepang, Korsel dan Tiongkok. Pasar di India dan Indonesia juga akan semakin penting bagi pebisnis karena skalanya.

Di Indonesia awal kemunculan layanan ini dimulai dari SeroyaMart yang muncul pada tahun 2013 dan layanan ini masih bertahan sampai sekarang. Meski begitu, ada juga layanan yang menutup operasinya karena kala bersaing seperti Sukamart dan Honestbee.

Memasuki tahun 2015, layanan online grocery mulai berkembang, bahkan beberapa dari layanan ini masih eksis dan berkembang sampai sekarang. Berikut ini daftar startup Online Grocery di Indonesia:

SeroyaMart

Platform online grocery yang telah hadir sejak tahun 2013 ini, masih tetap eksis sampai sekarang. Bahkan SeroyaMart telah memiliki 100 ribu pengguna aktif dan lebih dari 100 brand (lokal dan impor) yang diakomodasi dalam platformnya.

Untuk segmentasi pengguna, SeroyaMart menyasar dua jenis yakni B2C dan B2B dengan melayani kebutuhan perkantoran.

Seroyamart juga menjual produk Indonesia ke berbagai belahan dunia. Terutama di lokasi partner brand yang tidak memiliki distributor. Sebagian besar pembeli ekspor adalah platform e-commerce di mancanegara.

Menariknya, kini perusahaan juga mengembangkan in-house brand, sudah ada produk beras dengan merek "Cap Ikan Mas" yang juga dipercayai oleh Ismaya Group, Accor Hotels, dan beberapa lainnya termasuk Kokikit.

HappyFresh

Hadir di Indonesia sejak tahun 2015, layanan ini terus berkembang pada tahun 2020 telah menjangkau 11 kota besar di 3 negara, seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Seperti dilansir dari SocialDaily, HappyFresh telah melayani pengguna di Jadetabek, Bandung, Surabaya, dan Malang. Sinar Mas Digital Venture, vertex Ventures, Grab Ventures, LINE Ventures adalah beberapa dari nama pemodal ventura yang kini sudah membawa HappyFresh jadi centaur, bervaluasi di atas US$100 juta.

Sementara untuk mitra yang akan membantu menyediakan kebutuhan pengguna disupermarket da toko yang telah menjadi mitra dari HappyFresh adalah Transmart, Gaint, Lotte Mart, dan Super Indo.

SayurBox

Startup Grocery selanjutnya adalah SayurBox, startup ini telah menyandang status centaur. SayurBox sendiri didukung oleh investor besar seperti Insignia Venture, Patamar Capital, East Ventures dan Tokopedia.

SayurBox mempunyai pendekatan bisnis yang berbeda dengan layanan online Grocery, mereka dalam proses penyediaan bahan langsung terhubung dengan petani atau mitra penjual untuk mendistribusikan dagangannya lewat aplikasi.

Selain memberikan produk segar, mereka miliki misi untuk memutus rantai pasokan sehingga memberikan penghasilan lebih baik kepada petani. Untuk daerah layanan SayurBox sendiri per 2021 melayani daerah Jabodetabek, Bali dan Surabaya.

GetMyStore

Duluh bernama KeSupermarket.com, per tanggal 9 Januari 2021 mereka melakukan rebanding menjadi GetMyStore (GET). Perusahaan ini adalah hasil kerjasama antara PT Supra Boga Lestari Tbk dan PT Kresna Graha Investama Tbk.

Setelah melakukan rebranding GetMyStore memperluas cakupan bisnis tidak hanya B2C, tapi juga B2B dan marketplace.

Dalam wawancara bersama DailySocial, Andrew mengatakan akan membawa GET sebagai pemain online grocery terdepan yang spesifik bermain di segmen menengah ke atas.

“Sekarang ada banyak pemain e-grocery di Indonesia, tapi kebanyakan bermain di mass market. Kami spesifik melayani pembeli menengah ke atas yang populasinya ada sekitar 25% di Indonesia dengan concern produk premium yang berkualitas,” terangnya.

GetMyStore sendiri dalam penyediaan produk didukung oleh induk mereka, yakni pemilik jaringan Ranch Market dan Farmers Market. Dengan sebaran gerai berada di 52 lokasi yang tersebar di Jabodetabek, Cikarang, Surabaya, Malang, Semarang, Balikpapan, Samarinda, Pekanbaru, Dumai, dan Ambon.

Hypermart Online

Hypermart Online adalah sebuah layanan online yang disediakan oleh jaringan Hypermart. Selain department store yang menjual produk sandang seperti makanan, Hypermart juga memiliki supermarket atau pasar swalayan yang menjual kebutuhan sandang, barang kebutuhan hidup dan sehari-hari. Juga peralatan elektronik, olahraga, ATK, dll.

Jaringan ritel grosir milik Lippo Group ini tercatat memiliki 98 gerai per 2021, dengan sebaran gerai berada di kota-kota besar di Indonesia.

AlloFresh

AlloFresh pedatang baru, disokong oleh kekuatan besar yakni Trans Ritel Indonesia, Bukalapak, dan Growttheum Capital. Mengusung nama Allo yang mana adalah brand ekosistem digital yang dibuat oleh CT Corp.

Presiden Bukalapak, Teddy Oetomo mengatakan dengan mitranya Trans Retail Indonesia yang punya pengalaman sebagai pemain ritel 25 tahun, maka platform tersebut sudah menyelesaikan banyak pekerjaan.

"Ibaratnya kalau perusahaan baru star dari satu, dengan menggandeng Trans Retail Indonesia maka pekerjaannya sudah sampai level sembilan karena sistemnya sudah jalan seperti kontrak dengan rekanan, perjanjian dan segala macam," ujarnya saat konferensi pers virtual, Jumat (4/3/2022) seperti dilansir dari Republika.

Dalam memulai bisnisnya, AlloFresh dimodali dengan pendanaan awal sebesar Rp 1 triliun dan menawarkan lebih dari 150.000 stock-keeping unit (SKU) dari sekitar 10.000 pemasok dengan pengiriman cepat dalam waktu tiga jam, serta layanan quick commerce dengan opsi pengiriman 30 menit di seluruh Indonesia. 

Pada tahap awal, layanan ini baru tersedia di Jakarta, tepatnya di tujuh lokasi yakni Transmart Central Park, Transmart Cibubur, Transmart Ambasador, Emporium Pluit Mall, Transmart Taman Mini, Transmart Lebak Bulus, dan Transmart Cempaka Putih.

GoMart dan GrabMart

Dengan mengandalkan kekuatan mitra mereka yang tersebar dihampir seluruh Indonesia, Gojek dan Grab pun melakukan ekspansi usaha dengan mengembangkan layanan online Grocery melalui brand GoMart dan GrabMart.

GoMart dan GrabMart sendiri adalah layanan pengiriman barang kebutuhan sehari-hari yang bisa diandalkan kapanpun dan dimanapun.

Untuk layanan GoMart, mampu menjangkau kota-kota besar di Indonesia. Adapun marchant besar yang telah bekerjasama dengan mereka seperti Lotte Mart, The Food Hall, Alfa Mart, Alfa Midi, Prima Freshmart, Best Meat, SayurBox, Kibif, dan Watsons.

Sementara GrabMart saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Manado, Bali, Balikpapan, Jambi, Lampung, Palembang, Mataram, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta. 

Untuk GoMar dan GrabMart sendiri mempunyai sistem marchant yang terbuka, jadi siapa saja seperti pelaku UMKM bisa mendaftarkan grosirannya di GrabMart dan GoMart.

Lalu, dari berbagai produk online grocery diatas, mana yang paling akrab dengan kamu? Yuk isi dikolom komentar.!

Source:
https://dailysocial.id/post/online-grocery-startup-indonesia
https://www.igd.com/articles/article-viewer/t/igd-online-grocery-in-asia-to-grow-198-to-us295bn-by-2023/i/21941
https://dailysocial.id/post/bisnis-online-grocery-seroyamart
https://www.republika.co.id/berita/r87di5383/startup-allofresh-optimistis-jadi-pemimpin-pasar-egrocery
https://dailysocial.id/post/kesupermarket-kini-jadi-getmystore-garap-layanan-online-grocery-untuk-segmen-menengah-ke-atas
https://www.grab.com/id/mart/
https://www.gojek.com/gomart/

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!