Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Startup Metaverse Mau IPO, PT WIR Asia Tbk (WIRG) Cek Prospek Saham!

Perkembangan dunia teknologi metaverse membuat perusahaan internasional dan nasional berlomba-lomba menciptakan layanan didunia digital tersebut.

 Assalamu'allaikum....

PT WIR Asia Tbk (WIRG) WIR Group
PT WIR Asia Tbk (WIRG)

rizensia - Perkembangan dunia teknologi metaverse membuat perusahaan internasional dan nasional berlomba-lomba menciptakan layanan didunia digital tersebut. Contoh seperti Facebook Inc yang merubah nama perusahaannya menjadi entitas baru yakni Meta Inc demi mengembangkan dunia metaverse. 

Kemudian di Indonesia sendiri perusahaan seperti BRI dan BNI tengah mengembangkan proyek dunia metaverse demi meningkatkan pengalaman layanan mereka kepada nasabah. 

Nah, yang menariknya dalam pengembangan teknologi tersebut, BRI dan BNI menggandeng WIR Group sebuah perusahaan berbasis teknologi augmented reality untuk menggarap proyek itu.

Kemudian yang menariknya lagi, WIR Group atau PT WIR Asia Tbk (WIRG) saat ini tengah melakukan penawaran saham atau book building dalam sistem e-IPO. Ini meandakan bahwa startup teknologi ini akan listing di Bursa Efek Indonesia!

Lantas perusahaan seperti apa WIR Group (PT WIR Asia Tbk)?

WIR Group adalah pemain terkemuka dalam teknologi realitas digital (digital reality), yang mencakup Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial intelligence (AI) di Indonesia ataupun di ranah internasional. WIR Group telah menyelesaikan lebih dari 1.000 proyek, yang meliputi proyek pengembangan aplikasi AR dan VR dan proyek branding, untuk korporasi dari beragam sektor industri yang berada di lebih dari 20 negara. WIR Group memiliki 5 paten teknologi (yang terdaftar dalam lingkup teknologi AR) dan menerima berbagai penghargaan dan pengakuan.

Dalam melaksanakan kegiatan usahanya, Perseroan memiliki visi untuk menyediakan dunia Metaverse yang dapat dinikmati semua orang (A liveable world of metaverse for everyone).

Kegiatan usaha utama Perseroan melalui Perusahaan Anak yaitu menyediakan jasa teknologi berbasis AR dengan menggabungkan teknologi VR, AI, Internet of Things (IoT) dan teknologi pendukung lainnya seperti Blockchain dan mechatronics sebagai sarana untuk menghasilkan ide dan produk yang memungkinkan interaksi antara dunia virtual dan dunia nyata yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen.

Keunggulan WIR Group

Pada tahun 2021, Perseroan menjadi salah satu perusahaan, dan satu-satunya dari Indonesia yang patut dicermati di tahun 2022 sebagai salah satu perusahaan yang berkontribusi pada perkembangan ekosistem metaverse dunia yang dibahas pada media bisnis internasional Forbes.ge. Selain itu, Perseroan juga menjadi salah satu pembicara yang mewakili Indonesia di acara ASEAN-ROK (Republic of Korea) Innovation Summit 2021 dan membicarakan dimulainya era Metaverse.

Perseroan melalui Perusahaan Anak menawarkan jasa teknologi terintegrasi yang menawarkan 3 solusi utama untuk konsumen yaitu:

  1. Solution for Brands, menyediakan jasa dalam membangun teknologi digital reality dengan tujuan membantu klien memberikan pengalaman interaktif terhadap konsumen atas produk-produk yang ditawarkan klien ke masyarakat dengan tujuan untuk untuk meningkatkan penjualan.
  2. Solution for IoT Kiosk, menyediakan layanan periklanan kreatif menggunakan teknologi AR dalam berinteraksi dengan konsumen terutama pada merk-merk Fast Moving Consumer Good (FCMG).
  3. Solution for Commerce, menyediakan jaringan toko ritel virtual yang memfalisitasi gerai-gerai ritel offline untuk menawarkan produknya kepada masyarakat luas secara online dengan merek Mind Stores.

Perseroan memiliki keunggulan kompetitif sebagai berikut:
  1. Pengembangan teknologi AR yang terdepan di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara
  2. Perseroan memiliki posisi yang baik dalam disrupsi dan komersialisasi teknologi AR/VR/AI
  3. Kemampuan inovasi Perseroan dalam teknologi AR untuk memberi solusi kepada industri untuk beradaptasi dalam perubahan digital
  4. Perseroan dapat mengkomersialisasi teknologi AR/VR melalui berbagai model bisnis untuk menghasilkan arus pendapatan yang visible
  5. Perseroan didukung oleh unit konsultan strategi branding untuk memberikan jaringan brand dan klien yang luas
  6. Perseroan telah memenangkan berbagai penghargaan di dalam dan luar negeri

Penawaran Saham PT WIR Asia Tbk (WIRG)

Calon emiten ini nantinya akan menggunaka kode saham WIRG, dan menempati sektor Teknologi, subsektor Software dan menempati bidang usaha jasa teknologi informasi termasuk bidang multimedia, telekomunikasi dan periklanan.

PT WIR Asia Tbk (WIRG) akan menawarkan saham sebanyak 2.337.090.000 lembar saham atau atau 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum. 

Nantinya target dana yang akan dihimpun dari Penawaran Umum berkisar antara Rp350.563.500.000 (tiga ratus lima puluh miliar lima ratus enam puluh tiga juta lima ratus ribu Rupiah) sampai Rp408.990.750.000 (empat ratus delapan miliar sembilan ratus sembilan puluh juta tujuh ratus lima puluh ribu Rupiah).

Apabila terjadi kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat, nantinya WIRS akan mengeluarkan sebanyak-banyaknya 233.709.000 lembar saham biasa atas nama (“Saham Tambahan”, bersamasama dengan Saham Yang Ditawarkan disebut sebagai “Saham Baru”) dengan nilai nominal Rp5 (lima Rupiah) setiap saham atau mewakili sebanyak-banyaknya 1,96% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Setelah Penawaran Umum dengan asumsi terdapat penerbitan Saham Tambahan karena kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat, maka jumlah Penawaran Umum secara keseluruhan adalah sebanyak-banyaknya Rp449.889.825.000 atau Rp449,9 miliar.

Kemudian, WIR Asia akan mengikuti program alokasi saham pegawai Employee Stock Allocation (ESA) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 10%. WIR Asia juga akan mengadakan program opsi kepemilikan saham kepada Manajemen dan kawryawan atau Mamagement and Employee Stcok Option Program (MESOP) sebanyak-banyaknya 934.836.000 lembar saham.

WIR Asia nantinya akan menerbitkan Waran Seri I yang menyertai saham baru dengan jumlah sebanyak-banyaknya 771.239.700 lembar saham atau 8,25% dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum.

Sementara broker atau sekuritas yang menjadi penjamin emisi efek adalah KI atau PT Ciptadana Sekuritas Asia.

Rencana Penggunaan Dana IPO

Dana yang diperoleh dari Penawaran Umum ini setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan Penawaran Umum ini akan digunakan untuk:
  1. Sekitar 83,54% akan digunakan oleh Perusahaan Anak, yaitu ATK, TAM, dan VMR, untuk belanja modal atau Capital Expenditure (CAPEX) dan modal kerja atau Operational Expenditure (OPEX);
  2. Sekitar 7,68% akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal atau Capital Expenditure (CAPEX);
  3. Sekitar 3,30% akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja atau Operational Expenditure (OPEX); dan
  4. Sekitar 5,48% akan digunakan untuk pengembangan usaha dan/atau ekspansi melalui kemitraan strategis dengan Perseroan dan/atau Perusahaan Anak yang diharapkan dapat bersinergi dan memberikan kontribusi positif nantinya untuk Perseroan serta memberikan manfaat tambahan dari segi keuangan, pangsa pasar, kegiatan operasional dan inovasi-inovasi yang dilakukan Perseroan kedepannya.
Dana yang akan diperoleh dari hasil pelaksanaan Waran Seri I akan digunakan
untuk:
  1. Sekitar 85,82% akan diberikan kepada Perusahaan Anak, yaitu VMR, dalam bentuk peningkatan penyertaan modal, untuk belanja modal atau Capital Expenditure (CAPEX) dan modal kerja atau Operational Expenditure (OPEX).
  2. Sekitar 14,18% akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal atau Capital Expenditure (CAPEX) dan modal kerja atau Operational Expenditure (OPEX).

Masa Book Building WIRG

Adapun masa penawaran saham PT WIR Asia Tbk (WIRG) dimulai pada 14 Maret sampai dengan 17 Maret 2022, direntang harga Rp150 sampai dengan Rp175 per lembar saham.

Bagaimana menurut mu..?

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!