Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Indika Energy (INDY) Jual 69,8% Saham Petrosea (PTRO), Bagaimana Nasib Saham Lo Kheng Hong?

PT Indika Energy Tbk (INDY) akan menjual saham mereka di PT Petrosea Tbk (PTRO) kepada PT Caraka Reksa Optima (CARA).

Assalamu'allaikum....

PT Petrosea
PTRO

rizensia - PT Indika Energy Tbk (INDY) akan menjual saham mereka di PT Petrosea Tbk (PTRO) kepada PT Caraka Reksa Optima (CARA). Jumlah saham yang akan di jual sebanyak 69,8% dengan nilai penjualan mencapai US$ 146,58 juta atau setara Rp2,1 triliun.

Proses penjualan seluruh saham Petrosea masih dalam proses, dimana saat ini INDY telah mendatangani perjanjian penjualan emiten kontraktor tersebut pada 25 Februari 2022. Dalam perjanjian itu Indika akan menjual 704,01 juta saham atau 69,8% kepemilikan saham. 

Dalam perjanjian ini, diharapkan proses penjualan selesai pada akhir Mei 2022 dengan pemenuhan beberapa persyaratan pendahuluan sebagaimana diatur dalam perjanjian.

Petrosea sendiri adalah perusahaa multi-disiplin yang bergerak di bidang kontrak pertambangan, khususnya batu bara dengan pengalaman hampir 50 tahun dan menerapkan teknologi digital dalam operasi pertambangannya. Salah satu mitra Petrosea sendiri adalah PT Freeport Indonesia.

Adapun tujuan penjualan kepemilikan saham Petrosea adalah bagian dari strategi INDY untuk menyelaraskan kembali portofolio bisnisnya, untuk mencapai target 50% pendapatan dari sektor non-batu bara pada 2025 dan menjadi perusahaan netral karbon pada 2050.

Azis Armand, Wakil Direktur Utama dan Group CEO Indika Energy menilai, pihaknya terus mengkaji portofolio bisnisnya dan mengutamakan aspek berkelanjutan, serta akan fokus melakukan diversifikasi di luar sektor intinya di bidang energi dan pertambangan. 

“Hasil penjualan Petrosea akan digunakan untuk memperkuat finansial perusahaan, serta mendanai diversifikasi bisnis perusahaan yang mengedepankan aspek keberlanjutan sehingga dapat memaksimalkan nilai bagi pemegang saham,” jelas Azis dalam keterangan resmi, Selasa (01/03/2022) dilansir dari Investor Daily.

Lalu, bagaimana nasib saham pak Lo Kheng Hong di emiten Petrosea (PTRO)?

Berkaca pada transaksi sebelumnya pada emiten PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) yang dijual Indika Energy pada pertengan tahun 2021 kemarin, dimana Lo Kheng Hong diberitakan menjual sahamnya ke pemegang saham baru MBSS yakni PT Galley Adhika Arnawarma pada 24 Agustus 2021.

Dimana dalam proses penjualan itu, Lo Kheng Hong menjual 101,81 juta saham MBSS atau setara 5,82 persen. Setelah transaksi, Lo Kheng Hong menggenggam 0,06 persen daham MBSS atau setara 1.089.600 saham, seperti dilansir dari Bisniscom.

Sekedar informasi, Lo Kheng Hong sendiri memiliki kepemilkan saham sebanyak 15,01% saham atau 151.422.200 lembar saham di Petrosea.

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!