Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Doa Ketika Kamu Sedang Emosi

Ketika disuatu kondisi yang membuat kita menjadi emosi atau marah, maka kita dianjurkan untuk meredam amarah kita.

 Assalamu'allaikum.....

Doa ketika emosi
Doa ketika emosi

rizensia - Ketika disuatu kondisi yang membuat kita menjadi emosi atau marah, maka kita dianjurkan untuk meredam amarah kita. Karena jika hati sudah murka, banyak hal negatif yang akan timbul dari kondisi ini.

Rasulullah SAW sejak awal menyadari bahayanya kondisi ini jika terjadi pada seseorang. Maka Rasulullah SAW pun mengajarkan kepada kita bagaimana cara mengatasi amarah yang sedang bergejolak di dalam batin.  Seperti menenangkan diri dengan cara berwudhu, duduk, dan berbaring.

Selain dengan cara di atas, terdapat pula doa ketika mengalami emosi yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada istrinya, Siti Aisyah ra. 

Berikut ini redaksinya:

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ ، وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِيْ ، وَأَجِرْنِيْ مِنْ مُضِلَّاتِ الفِتَنِ 

Allâhumma Rabban nabiyyi Muhammadin, ighfirlî dzanbî, wa adzhib ghaizha qalbî, wa ajirnî min mudhillātil fitani. 

Artinya, “Ya Allah, Tuhan Nabi Muhammad, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh (setan) yang menyesatkan dalam cobaan.” 

Riwayat ini dikutip oleh Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumiddin. Riwayat ini dimasukkan ke dalam amalan yang dapat memadamkan api kemarahan seseorang. (Abu Hamid Al-Ghazali, Ihya’ Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439 H-1440 H], juz III, halaman 178). Wallahu a’lam.

Sumber: https://bit.ly/3npzMZf

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!