Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Bank Syariah Ini Terafiliasi Dengan Pemerintah

Setelah terjadinya merger antar Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank BRI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI)

 Assalamu'allaikum....

Bank Syariah Milik Pemerintah
Bank Syariah yang dimiliki Pemerintah

rizensia - Setelah terjadinya merger antar Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank BRI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI), membuat pilihan atau opsi masyarakat akan layanan bank syariah milik Pemerintah menjadi mengecil.

Mengecilnya opsi ini tentu menjadi sisi negatif dari penggabungan ketiga Bank tersebut, akan tetapi dari segi kemampuan pendanaan, keberagaman layanan dan cakupannya menjadi lebih kuat inilah sisi positif dari merger.

Meski begitu, tapi kamu tak perlu khawatir karena saat ini masih terdapat opsi bagi kamu untuk memilih bank syariah yang terafiliasi dengan Pemerintah. Siapa saja kah bank-bank syariah tersebut? Berikut kami bagikan:

Bank Syariah Indonesia (BSI)

Bank ini adalah hasil dari penggabungan tiga anak usaha Bank BUMN. Setelah merger bank ini menjelma menjadi bank besar dengan posisi aset 10 terbesar bank nasional.

Bank BTN Syariah

Pemerintah Indonesia mempunyai 4 Bank dengan kepemilikan saham mayoritas, ke empat bank tersebut adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Nah, yang kemarin di merger oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah anak usaha dari Bank Mandiri, BNI dan BRI. Sementara Unit Usaha Syariah dari Bank BTN tak masuk dalam merger. Sehingga Bank BTN Syariah bisa menjadi pilihan kamu untuk menabung selain Bank BSI.

Bank Muamalat

Bank Muamalat bisa menjadi pilihan kamu selanjutnya untuk menabung, bank ini baru saja di hibahkan sahamnya oleh Investor terdahulu kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

BPKH adalah lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji. Keuangan Haji adalah semua hak dan kewajiban pemerintah yang dapat dinilai dengan uang terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji serta semua kekayaan dalam bentuk uang atau barang yang dapat dinilai dengan uang sebagai akibat pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut, baik yang bersumber dari jemaah haji maupun sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

Lembaga ini adalah perpanjang tangan pemerintah dalam mengelolah keuangan haji, sehingga secara tak langsung BPKH masih terafiliasi dengan Pemerintah. Dan dengan itu Bank Muamalat secara tak langsung terafiliasi dengan Pemerintah , meski begitu kewenangannya berbedah jika BSI dan BTN Syariah dibawah kendali Kementerian BUMN, Bank Muamalat dibawah kendali langsung oleh BPKH.

Jadi bank syariah yang terafiliasi dengan pemerintah adalah Bank Syariah Indonesia, Bank BTN Syariah, dan Bank Muamalat.

Semoga bermanfaat.

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!