Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Struktur Holding BUMN Bidang Energi (Pertamina Group)

Dimana dalam arahan itu fokus bisnis Pertamina adalah menjalankan kegiatan pengelolaan portofolio dan sinergi diseluruh Pertamina Group

 Assalamu'allaikum....

Foto: Dok Pertamina

rizensia - Seperti yang telah diberitakan oleh media masa diawal bulan september 2021 ini, dimana PT Pertamina (Persero) telah berhasil melakukan restrukturisasi terhadap anak-anak perusahaanya sesuai dengan arahan dari Keputusan Menteri BUMN tanggal 12 Juni 2020.

Dimana dalam arahan itu fokus bisnis Pertamina adalah menjalankan kegiatan pengelolaan portofolio dan sinergi diseluruh Pertamina Group, mempercepat pengembangan bisnis baru, serta menjalankan program-program nasional.

Sementara itu, sejumlah kegiatan yang sebelumnya merupakan kegiatan-kegiatan bisnis utama perusahaan akan dijalankan oleh sub-holding yang telah terbentuk.

Sub-holding ini akan menjalankan peran, antara lain mendorong terwujudnya operational excellence melalui pengembangan skala dan sinergi masing-masing bisnis, mempercepat pengembangan bisnis dan kapabilitas bisnis existing serta meningkatkan kemampuan dan fleksibilitas dalam kemitraan dan pendanaan yang lebih menguntungkan perusahaan.

Berikut ini struktur dari pemetaan peran sub-holding dari Pertamina Group:

Struktur Holding Energi

Holding BUMN bidang energi ini terbagi atas 6 sub holding, sub holding yang dimaksud adalah Sub holding Upstream, Sub holding Refining dan Petrochemical, Sub holding Commercial and Trading, Sub holding Gas, Sub holding Integrated Marine Logistics, dan Sub holding Power and New Renewable Energy.

Dimana nantinya masing-masing sub holding akan fokus mejalankan tugas yang menjadi penugasan dari holding yakni PT Pertamina (Persero).

Kemudian, diluar dari 6 subholding tersebut Pertamina juga memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak diberbagai sektor bisnis terkait keuangan dan jasa, antara lain seperti PT Pertamina Bina Medika, PT Seamless Pipe Indonesia Jaya, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance), PT Pertamina Pedeve Indonesia, PT Patra Jasa, PT Pertamina Training & Consulting dan PT Pelita Air Service.

Keuntungan Pembentukan Subholding

Melalui pembentukan struktur baru Pertamina ini, diharapkan nantinya Pertamina akan mampu bergerak lebih lincah (agile), fokus dan lebih cepat dalam mengembangkan kapabilitas bisnis yang setara dengan kualitas kelas dunia guna mengakselerasi beragam inovasi di luar rantai bisnis konvensional Pertamina, antara lain dalam bidang energi baru dan terbarukan, bahan bakar nabati serta teknologi digital, sehingga Pertamina mampu meraih pertumbuhan skala bisnis yang lebih besar sebagai fundamental menuju perusahaan global energi yang terdepan.

Daftar Emiten Dari Holding BUMN Energi

NO

Kode Emiten

Nama Perusahaan

Tanggal IPO

1.

ELSA

Elnusa Tbk.

06 Feb 2008

2.

PGAS

Perusahaan Gas Negara Tbk

15 Des 2003

3.

TUGU

Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

28 Mei 2018

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!