Dapat Hibah Saham: BPKH Resmi Gengam 78,45% Saham Bank Muamalat

BPKH telah menerima hibah saham PT Bank Muamalat Indonesia Tbk

 Assalamu'allaikum...

BPKH Resmi Gengam 78,45% Saham Bank Muamalat
Bank Muamalat

rizensia - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) secara resmi mengumumkan bahwa terjadi perubahan kepemilikan saham di Bank Muamalat. Dimana BPKH menjadi pemegang 78,45% saham Bank Syariah tertua di Indonesia itu.

"Dalam rangka memenuhi ketentuan Pasal 7 Ayat 1 Huruf A dan Pasal 28 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 9/POJK.04?2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka, dengan ini kami Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengumumkan bahwa tanggal 21 Juni 2021, 15 dan 16 November 2021, BPKH telah menerima hibah saham PT Bank Muamalat Indonesia Tbk." seperti dikutip dari laman resmi BPKH pada Rabu (17/11).

Pengalihan saham ini dilakukan oleh investor lama Bank Muamalat seperti Islamic Development Bank, Bank Boubyan, Atwill Holdings Limited, National Bank of Kuwait, IDF Investment Foundation, dan BMF Holdings Limited. Jumlah saham yang dihibahkan sebanyak 7,903.112.181 saham atau setara dengan 77,42%, jika ditambah dengan kepemilikan saham BPKH sebelum pengibahan maka menjadi 78.45%.

Pengalihan saham ini merupakan penyerahan saham dengan skema hibah sehingga tidak terdapat harga pengalihan per sahamnya. Tujuan dari pengalihan ini dalam rangka memiliki, mengoprasikan dan mengembangkan usaha BPKH di bidang perbankan syariah di Indonesia.

Transaksi ini dikecualikan dari Pengumuman dan Pelaksanaan Tender Offer Wajib sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 9/POJK.04/2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka.

Setelah Mendapat Saham Hibah, Tugas BPKH di Bank Muamalat

Saat ini Bank Muamalat tengah membutuhkan penambahan modal sebagai penguatan kinerja perusahaan. BPKH sebagai pemegang saham mayoritas dikabarkan akan melakukan penguatan modal sebesar Rp 3 triliun kepada Bank syariah ini melalui beberapa skema. 

Meski begitu, belum ada keterangan resmi dari pihak BPKH dan Bank Muamalat dalam rencana penambahan modal ini. Perlu kamu ketahui, bahwa Bank Muamalat menjadi salah satu Bank pengelola dana haji dari BPKH.

Komposisi Pemegang Saham Bank Muamalat per 17 November 2021

Komposisi Pemegang Saham Bank Muamalat per 17 November 2021


Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!
© rizensia. All rights reserved. Dukung!