Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Mengenal MSOP dan ESOP Yang Dilakukan Oleh BRIS

Salah satu hal yang membuat saham PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) atau BRIS kurang menarik bagi pelaku pasar terutama investor ritel

 Assalamu'allaikum.....

Mengenal MSOP dan ESOP. Foto via Menejemenkeuangan.net

rizensia - Salah satu hal yang membuat saham PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) atau BRIS kurang menarik bagi pelaku pasar terutama investor ritel adalah kebijakan dari perusahaan tentang MSOP dan ESOP bagi para petinggi dan karyawan perusahaan.

Dimana kebijakan ini membuat para jajaran menajemen BRIS bisa membeli saham perusahaan di rentang harga Rp 500, padahal harga saham di pasar pada penutupan perdagangan tanggal 2 Juli 2021 berada di angka Rp 2230 dimana angka ini 4 kali dibawah harga pasar.

Dalam laporan yang dipaparkan oleh pihak BRIS bahwa kebijakan MSOP dan ESOP ini membuat terjadinya penambahan saham baru hasil konversi waran pada BRIS sebesar 97.659.800 lembar saham.

Proses inilah yang membuat harga saham yang didapatkan oleh petinggi dan karyawan BRIS dibawah harga pasar, karena mereka melakukan penerbitan saham baru.

Kebijakan MSOP dan ESOP sendiri sangat lumrah terjadi pada sebuah perusahaan. Ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas kinerja yang dilakukan dan akan dilakukan oleh para petinggi dan karyawan sebuah perusahaan.

MSOP sendiri adalah kepanjangan dari (Management Stock Option Program) dimana program ini adalah program kepemilikan saham yang diberikan perusahaan kepada Direksi dan Dewan Komisaris dalam rangka kompensasi kepada mereka.

Sementara ESOP yakni (Employee Stock Option Program) adalah suatu program kepemilikan saham yang diberikan perusahaan kepada karyawan-karyawan sebagai bentuk kompensasi perusahaan kepada pegawainya.

Tujuan Adanya MSOP dan ESOP

Seperti dikutip dari situs sahampemula.com. Bahwa dalam setiap kebijakan, tentu ada tujuan yang baik, begitu pula dengan program ini dimana memberikan banyak keuntungan. Pada umumnya program ini dirancang sebagai tunjangan atau modal pensiun untuk manajemen dan karyawan dihari tua kelak. Berikut beberapa tujuannya:

Rewards

MSOP/ESOP ditunjukkan untuk memberikan penghargaan kepada seluruh manajemen dan karyawan atas kontribusinya yang membantu meningkatkan peforma perusahaan.

Peningkatan Motivasi dan Komitmen

Dengan adanya MSOP/ESOP, maka hal ini bisa meningkatkan motivasi dan komitmen karyawan terhadap perusahaan dimana akan berdampak pula pada peningkatan produktivitas dan kinerja perusahaan

Meningkatkan Loyalitas Perusahaan

Pemberian saham melalui program MSOP/ESOP diyakini mampu meningkatkan loyalitas manajemen dan karyawan. Dengan begitu ada keterikatan batin yang membuat karyawan seolah mendapat bagian tersendiri dalam kepemilikan perusahaan tersebut.

Meski saham yang diberikan pada setiap karyawan tidak dalam jumlah yang besar, namun kebijakan ini dinilai efektif untuk mempertahankan setiap karyawannya. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya turn over yang beresiko menurunkan citra perusahaan.

Menimbulkan Rasa Memiliki

Dengan adanya program MSOP/ESOP dapat menimbulkan rasa memiliki bagi karyawan terhadap perusahaan karena adanya bagian dari karyawan di dalam perusahaan, yang bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab sekaligus semangat kerja karyawan untuk turut serta dalam merealisasikan kemajuan perusahaan. Namun, banyak hal tentunya yang perlu diwaspadai dengan MSOP/ESOP ini. Butuh transparansi perusahaan kepada karyawan dan manajemennya mengapa perlu ada MSOP/ESOP ini. Jika nyatanya nilai perusahaan terus meningkat tentu menjadi keuntungan bagi karyawan dan manajemen.

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!