Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa itu e-IPO BEI (Bursa Efek Indonesia)?

 Assalamu'allaikum.....

rizensia - Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pertengahan tahun 2020 kemarin secara resmi memperkenalkan sistem penawaran umum elektronik atau electronic Indonesia Public Offering (e-IPO) pada 10 Agustus 2020.

Ilustrasi. Foto via merdeka

Apa itu e-IPO??

e-IPO sendiri adalah sebuah sistem baru yang dikeluarkan oleh BEI untuk melancarkan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) serta penawaran perdana instrumen pasar modal lainnya, seperti Efek Bersifat Utang, dan/atau Sukuk secara Elektronik.

Jadi sistem e-IPO tak hanya melayani penawaran saham perdana saja, tetapi instrumen pasar modal lainnya bisa dilakukan melalui sistem ini.

Apa tujuan dari pembuatan e-IPO?

Seperti dikutip dari medcom.id, bahwa sistem ini bertujuan untuk menyediakan akses yang mudah dijangkau oleh seluruh investor dan perusahaan efek untuk berpartisipasi dalam proses penawaran umum. Khususnya dalam tahap penyampaian permintaan pada masa book building dan tahap penyampaian pesanan saham pasar perdana pada masa offering.

Selain itu sistem e-IPO juga semakin mempermudah investor ritel dalam berpartisipasi dalam pasar perdana sebuah saham perusahaan yang sedang melakukan IPO.

Jika sebelumnya, investor ritel yang ingin memesan saham pada pasar perdana hanya dapat dilakukan melalui penjamin pelaksana emisi efek, sindikasi penawaran umum, atau datang ke gerai penawaran umum. Sehingga penyebaran kepemilikan dari sebuah saham IPO tak begitu luas dan hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang saja. Maka dengan adanya e-IPO, investor yang ingin membeli saham Initial Public Offering (IPO) dapat langsung mengakses situs https://e-ipo.co.id atau melalui Partisipan Sistem e-IPO yang telah terdaftar.

Sistem ini mencakup seluruh fase penawaran umum

Sistem e-IPO didesain untuk melayani semua fase penawaran umum, seperti fase penawaran awal (book building), penawaran efek (offering), penjatahan (allotment) dan distribusi efek hasil penawaran umum.

Keuntungan dari sistem e-IPO

Dikutip dari detik.com, bahwa sistem ini memiliki beberapa keuntungan seperti dari sisi perusahaan yang mencatatkan sahamnya, e-IPO dipercaya ampuh untuk mengatasi discount pricing yang terjadi saat IPO saham. Sebab sering kali terjadi saat sebuah saham pertama kali dicatatkan harganya langsung melambung tinggi, bahkan hingga mencapai batas atas dan terkena auto reject. Hal itu terjadi lantaran tidak sesuainya harga pasar dengan harga yang ditawarkan.

Sementara dari sisi perusahaan efek yang menjadi penjamin emisi akan diuntungkan dengan publikasi penawaran umum. Sebab hal itu tersedia di website yang telah disediakan.

Selain itu dalam proses penawaran umum, perusahaan efek yang terlibat juga akan lebih banyak. Berbeda dengan proses penawaran umum sebelumnya biasanya melibatkan sedikit perusahaan efek.

Berikut video penjelasan tentang sistem e-IPO: