Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Yang Dimaksud Dengan Rezeki? Apakah Harus Berbentuk Uang?

 Assalamu'allaikum.....

rizensia - Tak sedikit orang yang menganggap bahwa yang dimaksud dengan rezeki adalah uang dan harta yang melimpah. Akan tetapi makna dari kata rezeki itu sangat luas artinya, contohnya seperti penghidupan, tiap-tiap yang bermanfaat, segala yang berdaya guna bagi makhluk. Rezeki juga berarti anugrah, karunia atau pemberian dari sisi Allah SWT kepada setiap makhluk-Nya.

Ilustrasi Rezeki. Foto via Muslim Obsessium

Sehingga tak ada yang bisa kita dustakan akan rezeki yang telah diberikan Allah SWT kepada kita, karena pada dasarnya rezeki manusia dan seluruh makhluk hidup sudah dijamin oleh Allah. Seperti pada firman Allah dalam surah ar-Rum ayat 40, berikut ini:

“Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan”. (QS. Ar-Rum : 40)

Nah, pada ayat di atas Allah SWT menegaskan bahwa Dia telah menghidupkan manusia, memberi rezeki, mematikan dan menghidupkan mereka kembali. Kemudian Allah mempertanyakan kepada manusia "Adakah di antara mereka yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu yang demikian itu?"

Kalimat tanya seperti itu lazim disebut dengan pertanyaan untuk menegaskan, maksudnya penegasan bahwa tidak ada makhluk yang dapat berbuat. Inilah yang membuktikan bahwa tidak ada yang dapat disekutukan dengan Allah SWT. Dia maha suci dari segala anggapan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Jadi rezeki itu tak harus berbentuk uang atau harta, bahkan kesehatan adalah rezeki terbesar yang Allah berikan kepada kita. Karena dengan kesehatan, baik itu kesehatan Jasmani dan Rohani kita bisa beribadah, mencari rahmat, ridha dan keberkahan dari Allah SWT serta bekerja demi memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

La Tahzan Innallaha Ma'ana ("janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”)

Posting Komentar untuk "Apa Yang Dimaksud Dengan Rezeki? Apakah Harus Berbentuk Uang?"

Subscribe