Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Emas Antam dan UBS, Apa Bedanya?

 Assalamu'allaikum....

rizensia - Berinvestasi emas akhir-akhir ini begitu menjanjikan, karena kenaikan harga emas per gram pada tahun ini melonjak drastis. Per tanggal 20 September 2020 saja harga emas antam berada di Rp 1.072.000, sendangkan UBS berada di Rp 1.030.000. Kenaikan ini imbas dari pandemi Covid-19, dimana masyarakat ramai-ramai membeli emas demi melindungi nilai aset mereka.

Ilustrasi. Foto via twitter

Emas memang terkenal dimasyarakat sebagai salah satu instrumen investasi, karena harga logam mulia ini cenderung naik setiap tahunnya. 

Saat ini untuk berinvestasi emas bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti membuka tabungan emas, membeli emas secara langsung, dan menabung emas secara digital.

Jika ingin berinvestasi emas dengan cara membelinya secara langsung, kadang akan ditanya mau beli emas batangan produk apa? Antam atau UBS. Apa bedanya antara kedua produk emas tersebut? Yuk baca artikel ini sampai selesai:

Apa Itu Emas Antam dan UBS?

Di Indonesia kita mengenal dua produk emas, yakni Antam dan UBS. Emas Antam sendiri adalah produk yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang Tbk, dimana perusahaan ini adalah perusahaan tambang milik negara (BUMN). Sendangkan emas UBS adalah emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) Surabaya.

Tabel Perbedaan Emas Antam dan UBS

Keterangan

Antam

UBS

Produksi

PT Aneka Tambang Tbk

PT Untung Bersama Sejahtera

Kadar emas

99,99%

99,99%

Memiliki sertifikat

Memiliki

Memiliki

Segel

Cetakan emas Antam yang paling baru adalah cetakan press, dimana emas terlaminasi dengan sertifikat dari PT Antam yang telah diakui oleh LBMA (London Bullion Market Association)

Emas UBS bersertifikat Nasional keluaran PT UBS, dimana sertifikat untuk pecahan 0,1 -4 gram menggunakankertas dan emas terlaminasi didalamnya. Sendangkan untuk pecahan 5 sampai 100 gram, sertifikat menggunakan kertas berhologram dan terpisah dari emasnya, sehinggan Anda bisa memegang emasnya secara langsung.

Dimensi (berat yang sama)

Ukurannya lebih kecil

Ukurannya lebih besar

Ketersediaan

Tersedia stok di Butik Logam Mulia di seluruh Indonesia maupun reseller resmi Antam

Beli stok yang ada

Pesan

Bisa dipesan kapan saja

Bisa dipesan kapan saja, tergantung stok

Likuiditas

Harga jual kembali lebih tinggi

Harga jual kembali lebih tinggi

Harga Jual/Beli

Ada selisih untuk produksi tahun baru vs tahun lama

Tidak dibedakan karena tidak ada tahun pembuatan emas

Ukuran produk

1, 2, 3, 5, 10, 25, 50, 100, 250, dan 1000 gram

1,2, 5, 10, 25, 50, dan 100 gram

Harga emas

Rp 1.072.000

Rp 1.030.000






Posting Komentar untuk "Emas Antam dan UBS, Apa Bedanya?"

Langganan Artikel Kami