Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Maksud Sesi Pre-opening Di Bursa Saham Indonesia?

 Assalamu'allaikum....

rizensia - Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali mengadakan perdagangan sesi pre-opening pada senin, (07/09/2020). Sesi ini sebelumnya dihentikan oleh BEI akibat dampak penyebaran virus corona pada awal tahun.

Ilustrasi via rizensia

Lewat pengumuman yang ditanda tangani oleh Direktur Utama BEI Inarno Djajadi dan Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo. Kemudian dalam pengumuman ini juga mengubah acuan harga saham yang dapat diperdagangkan melalui sesi pre-opening di pasar reguler dan pasar tunai.

Dimana dalam penentuan harga saham yang semula berpedoman pada harga pembukaan diubah menjadi previous (sebelumnya) terhitung mulai Senin (07/09/2020) sampai dengan waktu yang ditetapkan kemudian, seperti dikutip dari Bisnis.com

Nah, berikut kami bagikan informasi mengenai sesi pre-opening, silahkan dibaca:

Apa sih Maksud Dari Pre-opening Pada Bursa Saham?

Pre-opening adalah periode dimana investor bisa mengambil posisi jual atau beli untuk saham-saham yang dapat diperdagangkan di periode ini. Periode ini berlangsung pada pukul 08.45-08.55 WIB dan setelahnya sistem akan menentukan pertemuan harga terbaik untuk order yang berlangsung selama 10 menit sebelumnya.

Cara Kerja Sesi Pre-opening

Pada sesi pre-opening Anggota Bursa sudah boleh untuk memasukkan permintaan atau penawaran. Tetapi semua order tersebut tidak muncul di layar bid/offer atau layar incoming order.

Ketika tepat pukul 08.55 WIB dimulai sesi pre-opening dimana sistem akan menentukan pertemuan harga terbaik untuk semua order yang masuk saat sesi pre-opening. Semua saham yang ditransaksinya terlaksana akan muncul di layar trade done atau order match.

Manfaat Sesi Pre-opening

Sesi ini biasanya dimanfaatkan oleh investor untuk mengambil posisi sesuai perkiraan arah pasar. Artinya kalau investor berasumsi pasar hari itu akan naik maka posisi beli dipasang. Kemudian bagi investor yang memiliki saham dan mengangap harga sahamnya akan turun, maka investor punya kesempatan memasang order jual sebelum sesi opening berlangsung sehingga investor dapat harga jualnya tidak minus besar.

Lalu, keuntungan bagi bursa adalah agar pasar lebih teratur dan efisien dalam hal ini menghindari penumpukan order di awal pembukaan pasar pada jam 09.00 WIB karena mengakibatkan terhambatnya aliran informasi data antara Bursa dan pada Anggota Bursa lainnya.

Apakah Semua Saham Di IHSG Bisa Diperdagangkan Pada Sesi Pre-opening?

Tak semua saham bisa diperdagangkan pada sesi ini, karena BEI membatasi jumlah sahamnya. Jadi sebagai acuannya adalah saham-saham yang berada pada indeks LQ45 saja.

Selain sesi pre-opening, di Bursa Efek Indonesia juga punya jenis sesi perdagangan lain seperti pre-closing dan post close trading. Nanti di artikel selanjutnya kami akan bahas....

Posting Komentar untuk "Apa Maksud Sesi Pre-opening Di Bursa Saham Indonesia?"

Subscribe