Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perusahaan Terbuka Yang Berkecimpung di Bisnis Emas

 Assalamu'allaikum..

rizensia - Kondisi ekonomi akhir-akhir ini kurang bersahabat, banyak sentimen yang membuat pelaku pasar berubah-ubah dalam menyikapi kondisi pasar saat ini, dimana data perekonomian yang merosot serta kemajuan perkembangan vaksin Covid-19 yang dilakukan oleh berbagai negara, ini membuat harga emas menjadi berfluktuatif.

Outlet Penjualan Perhiasan dari PT Hartadinata Abadi Tbk. Foto via Kabarbisnis

Kondisi ini wajar terjadi, karena emas adalah alat investasi yang dikenal sebagai instrumen lindung nilai atau safe haven. Dimana jika terjadi krisis ekonomi secara global maka harga emas akan melonjak naik, sebaliknya jika kondisi ekonomi global membaik maka harga emas akan anjlok dengan cepat.

Ini terjadi karena investor ketika terjadi krisis mereka akan memengang emas untuk melindungi nilai asetnya. Sementara ketika kondisi ekonomi membaik, investor akan berlombah-lombah melepas emas dan memindahkan dananya ke aset-aset yang lebih beresiko seperti saham.

Tapi akhir-akhir mulai banyak investor yang mulai merubah tak-tik berinvestasi yang biasanya ketika terjadi krisis membeli emas, tapi kemarin saat dampak Covid-19 mulai melanda dunia tak sedikit investor malah memilih membeli saham yang berkecimpung pada bisnis emas.

Salah satu contohnya adalah investor saham kawakan yakni Warren Buffet, dimana pada 30 Juni 2020, disebutkan bahwa perusahaan investasinya yaitu Berkshire Hathaway melego saham bank JPMorgan Chase, Goldman Sachs, Wells Fargo, bahkan institusi keuangan lain seperti Visa, MasterCard, Bank of New York, dan PNC Financial.

Nah, dari hasil penjualan saham-saham tersebut Warren Buffet kemudian dibelanjakan pada saham-saham pertambangan emas yakni Barrick Gold selama periode April sampai Juni 2020.

Tentu ini diluar dari kewajaran seorang Warren Buffet sebab Barrick Gold merupakan saham di sektor pertambangan emas yang pertama kali di beli oleh pria dengan julukan Peramal dari Omaha tersebut. Buffet sendiri terkenal sejak dahulu sangat tidak tertarik untuk berinvestasi emas.

Terinspirasi dari Warren Buffet inilah, sehingga mulai banyak investor saham yang berburuh saham-saham yang berkecimpung pada bisnis emas. Untuk memudahkan kamu, berikut kami bagikan daftar perusahaan yang berkecimpung di bisnis emas:

NO

KODE

NAMA PERUSAHAAN

Jenis Usaha

SAHAM SYARIAH

1

ANTM

Aneka Tambang Tbk

Tambang Emas / Produksi Emas Batangan

Ok

2

BRMS

Bumi Resources Minerals Tbk

Tambang Emas

Ok

3

PSAB

J Resources Asia Pasifik Tbk

Tambang Emas

No

4

MDKA

Merdeka Copper Gold Tbk

Tambang Emas

Ok

5

SQMI

Wilton Makmur Indonesia Tbk

Kontraktor Tambang Emas / Tambang Emas

No

6

HRTA

Hartadinata Abadi Tbk

Produksi Perhiasan (penelolaan)

Ok

Bagaimana? Apakah kamu tertarik berinvestasi pada perusahaan-perusahaan diatas??

Posting Komentar untuk "Perusahaan Terbuka Yang Berkecimpung di Bisnis Emas"

Langganan Artikel Kami