Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pandangan Mengenai Investasi Saham

 Assalamu'allaikum....

rizensia - Mengambil data dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) saat ini tercatat jumlah investor di pasar modal hingga Juni 2020 mencapai 2,9 juta. Sedangkan untuk investor di Reksa Dana mencapai 2,1 juta, investor C-BEST mencapai 1,2 juta, dan investor surat berharga negara 363.976.

Ilustrasi. Foto © rizensia 2020

Meski mengalami peningkatan jumlah investor, tapi jumlah ini jika dibandingkan dengan jumlah penduduk produktif di Indonesia yang berjumlah 183,36 juta jiwa masih relatif kecil.

Tentunya ini menjadi tantangan bagi para penggiat pasar modal dalam memperkenalkan investasi melalui instrumen yang ada dipasar modal. Akan tetapi, kadang ada saja pandangan-pandangan yang keliru mengenai instrumen di pasar modal terutama instrumen investasi saham.

Padahal investasi saham ini sangat terbuka bagi siapa saja, berikut ini kami bagikan pandangan-pandangan yang sering diutarakan oleh masyarakat mengenai investasi saham :

Pandangan yang salah 

❌ Investasi saham untuk orang kaya.

❌ Membutuhkan modal awal yang besar.

❌ Investasi saham haram (tidak sesuai dengan hukum syariah).

❌ Susah untuk dipelajari.

❌ Harus mempunyai NPWP untuk menjadi seorang investor.

Pandangan yang benar

✅ Investasi saham pada dasarnya bisa dilakukan oleh semua orang, tak memandang status sosial, kaya, dan sejenis-sejenisnya. Intinya hanya satu yang belum bisa investasi saham, yakni yang belum mempunyai KTP.

✅ Modal awal dalam investasi saham saat ini, mulai dari 100 ribu.

✅ Pada pasar modal terdapat ISSI atau Indeks Saham Syariah Indonesia, dimana berisi daftar saham-saham yang sesuai dengan ketentuan dalam Islam serta fatwa dari DSN MUI.

✅ Jika niat berinvestasi saham, maka untuk mempelajari dan memahami tidaklah susah. Apalagi dengan kecangihan teknologi saat ini, banyak materi pembelajaran yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

✅ Tidak harus mempunyai NPWP, tapi jika kamu memiliki maka sertakan.

Posting Komentar untuk "Pandangan Mengenai Investasi Saham"

Langganan Artikel Kami