Post Page Advertisement [Top]

Tagihan Listrik Naik? Begini Cara Menghemat Penggunaan Listrik!

Tagihan Listrik Naik? Begini Cara Menghemat Penggunaan Listrik!
Assalamu'allaikum....

rizensia - Akhir-akhir ini media masa dihebohkan dengan keluhan pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) tentang tinggihnya tagihan listrik mereka. Tentu dengan kondisi ekonomi seperti saat ini yang lagi susah akibat COVID-19, kenaikan tagihan listrik memang menjadi beban bagi masyarakat.

Suara Surabaya

Pada kesempatan kali ini rizensia ingin membagikan informasi tentang cara menghemat penggunaan listrik yang simpel, berikut ini caranya:

#Ganti lampu biasa dengan lampu LED
Seiring berkembangnya teknologi lampu maka penggunaan lampu LED menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berhemat, ini karena lampu LED bisa menghemat penggunaan listrik kamu. Bahkan kualitas cahayanya juga lebih terang jika dibandingkan lampu biasa.

Sebagai contoh lampu LED 7 watt itu bisa menyamai cahaya lampu biasa yang 60 watt.

#Matikan lampu ketika habis digunakan
Biasanya nih, secara gak sadar ketika keluar dari kamar lupa mematikan lampu, padahal kita tidak sedang didalam kamar. Atau habis mandi lupa mematikan lampu, ini tentunya membuat penggunaan listrik menjadi bengkak.

#Cabut steker listrik jika tidak dipakai
Sehabis menggunakan barang elektronik terkadang kita lupa mencabut steker listrik dari alat elektronik yang kita gunakan. Tau tidak? meski alat elektronik tersebut tidak gunakan dan stekernya tetap terpasang, maka listriknya tetap berjalan!

#Memahami dan mengatur pemakaian alat elektronik berdaya besar
Perhatikan ada alat elektronik apa saja di rumah yang menggunakan daya listrik besar. Kemudian jika kita sudah mengetahui, maka kita harus memulai mengatur pemakaian alat-alat elektronik tersebut.

Contohnya seperti penggunaan setrika, ketika menyetrika pakaian harus sekaligus semua pakaian. Jangan menggunakan setrika ketika hanya menyetrika satu atau dua pakaian saja, karena hal tersebut memakan daya besar.

Contoh lainnya dalam penggunaan alat elektronik seperti kulkas, jangan memasukkan makanan panas kedalamnya karena hal ini dapat merusak dan memakan konsumse listrik yang lebih besar. Sebaiknya tunggu makanan tersebut dingin sesuai dengan udara sekitar, lalu masukkan kedalam kulkas.

#Jika hasil ingin maksimal harus kompak bersama keluarga
Ingin hasil menghemat listrik terlaksana, maka kerjasama antar penghuni rumah harus maksimal. Untuk mematuhi cara menghemat penggunaan listrik seperti mencabut steker alat elektronik jika sudah terpakai, matikan lampu seusai digunakan dan lain sebagainya.

Itulah 5 cara menghemat penggunaan listrik, semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]