Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Pelajaran Kehidupan Dari Drama Korea Itaewon Class

Assalamu'allaikum....

rizensia - Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang Drama Korea yang berjudul Itaewon Class, karena sering diperbincangkan oleh akun-akun konsultasi keuangan. Kami pun awalnya bingung kenapa drakor (Drama Korea) Itaewon Class begitu viral, sampai-sampai pemeran utamanya Park Seo Joon sering dijadikan konten dalam akun Instagram konsultan keuangan.

Akibat rasa penasaran, lalu kami mencoba mencari cuplikasi video drakor tersebut. Ternyata usut punya usut, drakor ini menceritakan kehidupan Park Sae-roy (dibintangi Park Seo Joon), seorang pemuda gigih yang tak berkompromi dengan ketidakadilan dan korupsi. Hal itu membuatnya untuk bercita-cita menjadi orang yang sukses.

Itaewon Class. Foto via Biem.co
Dari cerita inilah yang membuat salah satu konsultan keuangan ternama yakni Prita Ghozie mencoba mengambil beberapa poin yang bisa jadi learning buat keuangan kita.

Setidaknya Ada 5 poin yang ditangkap oleh Prita Ghozie dari cerita drakor Itaewon Class, pertama tentang financial planning, asuransi jiwa, saham, investasi bisnis dan bahkan filosofi as business owner. ⁣Berikut kami bagikan:

#Tentukan Goals Kamu Apa?

Park Sae Ro Yi merupakan seseorang yang punya fokus long-term goals; ia ingin mempunyai bisnis yang sukses dalam 10-15 tahun dan takeover perusahaan Jangga Corp.

Nah, untuk mencapai itu, ia membuat short-term goals yaitu mengumpulkan uang untuk mendapatkan modal usaha. Park Seo Yi bekerja sebagai buruh dan nelayan selama 7 tahun. Godaan ditengah jalan tak ia gubris.

#Hidup Sesuai Kemampuan

Dalam cerita Itaewon Class kita tak akan pernah melihat Park Sae Ri Yi kesulitan untuk menutup biaya harian kan? Menurut Prita, itu dikarenakan dia punya bujet bulanan yang sesuai dengan kemampuan finansial dirinya.

Demi long-term goals, dia tidak perdulikan gengsi dan gaya hidup, tambah Prita.

#Saham Untuk Jangka Panjang

Setelah ayahnya meninggal dunia akibat kecelakaan yang dilakukan oleh temannya yang merupakan anak dari pemilik perusahaan Jangga Corp. Kemudian, saham Jangga mengalami penurunan drastis.

Park Sae Ro Yi pun kemudian mengambil inisiatif untuk menggunakan seluruh kompensasi kematian ayahnya dengan melakukan investasi saham di Jangga.

Tapi, dia sadar bukan ahlinya & bukan feeling analyst, sehingga ia membutuhkan pertolongan fund menager yaitu Lee Ho Jin.

#Pentingnya Asuransi Jiwa

Dalam poin sebelumnya kan Park Sae Ro Yi remaja mendapatkan uang klaim dari kecelakaan Ayahnya dimana ia gunakan sebagai biaya bertahan hidup dan modal investasi.

Nah, disini menurut Prita Ghozie dari Drama ini mengajarkan kita betapa penting asuransi jiwa dan kesehatan bagi pencari nafkah, terutama saat punya tanggungan.

#Invest In People

Ada cerita saat koki restoran Park Sae Ro Yi yang bernama Hyun Yi hampir dipecat karena masakannya kurang enak. Dalam adegan tersebut, Sae Ro Yi memberikan tantangan dan bertaruh dengan memberikan 2x gaji agar Hyun Yi bekerja 2x lebih keras, hingga akhirnya Hyun Yi menjadi salah satu chef terbaik di Korea Selatan.

Park Sae Ro Yi menyebutkan bahwa bisnis bukan hanya tantang uang tetapi juga tentang orang-orangnya. Bisnis yang sukses datang ketika orang-orang yang bekerja produktif. Yaitu ketika tim diperlakukan seperti keluarga dan dihargai bukan hanya sebagai karyawan biasa.

Itulah 5 poin yang bisa kita ambil dari Drakor Itaewon Class, semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Pelajaran Kehidupan Dari Drama Korea Itaewon Class"

Langganan Artikel Kami