Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Warga Pulau Kalimantan dan Sulawesi Mayoritas Setujuh Pemindahan Ibukota Negara

Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia
Assalamu’allaikum.....

 
Rizensia.com – Presiden Joko Widodo telah menetapkan Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota baru. Nantinya, sebagaian Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian Kabupaten Penajam Passer Utara menjadi lokasi beridirinya Ibu Kota baru tersebut.

Langkah Pemerintah dalam memindahkan Ibu Kota Negara tentunya mendapat respon beragam dari Masyarakat Indonesia, hal ini tergambar dari hasil survei yang dilakukan oleh Kedai Kopi.

Dalam survei tersebut menunjukan, 39,8% responden tidak setuju dengan pemindahan Ibu Kota dan sebanyak 35,6% masyarakat yang setuju akan langkah pemindahan Ibu Kota. Sendangkan sisanya, sebesar 24,5% memilih untuk tidak beropini.

Survei ini dilakukan pada 14-21 Agustus 2019 di 34 provinsi diseluruh Indonesia. Dalam hasil detail survei yang dilakukan, menunjukan bahwa mayoritas Masyarakat pulau Kalimantan dan Sulawesi mendukung pemindahan Ibu Kota. Dimana presentasi responden di pulau Kalimantan setujuh dan mendukung pemindahan Ibu Kota sebesar 48,1%.

Sementara responden dari pulau Sulawesi memiliki presentasi persetujuan terbesar terhadap pemindahan Ibu Kota, yakni 68,1%.

Kemudian, data yang mencengangkan bahwa responden yang paling banyak tidak setuju berasal dari Kota Jakarta, hal ini dikarenakan merekalah yang paling terdampak negatif dari pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur. Dimana presentasinya sebanyak 95,7% responden dari Kota Jakarta.

Dalam survei ini melibatkan sebanyak 1200 responden dimana mereka diwawancarai secara tatap muka dengan metode pencuplikan multi stage random sampling. Dimana margin of error survei ini adalah +?-2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei ini didanai secara swadaya oleh Lembaga Survei Kedai Kopi.


1 komentar untuk "Warga Pulau Kalimantan dan Sulawesi Mayoritas Setujuh Pemindahan Ibukota Negara"

Langganan Artikel Kami