Post Page Advertisement [Top]

Tipe Analisa Investor Pasar Modal Indonesia, Ada Tipe Beli Kucing Dalam Karung??

Tipe Analisa Investor Pasar Modal Indonesia, Ada Tipe Beli Kucing Dalam Karung??
Ilustrasi via Puisi Romantis

Assalamu’allaikum....

Rizensia.com – Pada dasarnya dalam berinvestasi saham, para investor biasanya selalu memegang analisa yang mereka percayai. Analisa-analisa yang kami maksud adalah Analisa Teknikal, Analisa Fundamental dan Analisa Ikut-ikutan “Siapa Masuk di Mana”

Analisa yang pertama yakni dengan cara teknikal, dimana para investor penganut analisa ini akan melihat trend perkembangan harga saham Perusahaan dalam jangka waktu tertentu, dan setelah melihat pergerakan sahamnya baik baru mengambil keputusan untuk beli atau jual.

Kedua, analisa fundamental. Analisa ini mengajak para investor untuk melihat sebuah perusahaan secara utuh, dimana mereka melihat dari segi produknya, potensi pasar, jenis industrinya, pengelolahan, dan laporan keuangan.

Sementara analisa yang terakhir adalah jenis analisa yang sangat berbahaya dan secara tak sadar paling sering digunakan investor yakni “Siapa Masuk Di Mana”. Maksudnya dari tipe analisa ini adalah mana perdagangan saham yang sedang ramai, itu yang diburu.

Tipe ini terkadang mengabaikan jenis analisa pertama dan kedua. Bahkan acap kali investor abai akan peringatan dini semacam pengumuman Unusual Market Activity. Investor jenis ini yang paling kencang ketika ada penghentian sementara perdagangan saham karena volatilitas harga.

Terkadang mereka pula yang sering teriak untuk perlindungan investor, padahal dia sendiri lupa bahwa ia baru saja membeli kucing dalam karung.

Maka, dari sinilah kita harus menyadari bahwa berinvestasi saham tak sekedar ikut-ikutan dan mendapat keuntungan dengan cepat. Karena ketika kamu mempunyai fikiran seperti itu, maka yang akan terjadi ialah Anda secara tak sadar akan mengambil keputusan analisa yang ketiga dan mengabaikan analisa fundamental dan teknikalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]