Post Page Advertisement [Top]

Thomas Lembong Salah Baca Data, Ternyata 4 Startup Yang Di Maksud Milik Singapura Ini!

Thomas Lembong Salah Baca Data, Ternyata 4 Startup Yang Di Maksud Milik Singapura Ini!
Thomas Lembong Ketua BKPM. Foto via CNBCIndonesia

Assalamu'allaikum....

Rizensia.com - Sempat dibuat geger atas pernyataanya yang menyatakan bahwa Gojek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia adalah perusahaan rintisan milik Singapura. Pernyataan yang dilontarkan oleh Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong itu didasari oleh hasil riset dari Google-Tamasek.

Dimana dalam riset disebutkan, bahwa Singapura punya empat startup (perusahaan rintisan) berstatus unicorn, sementara Indonesia tak punya alias nol.

"Kalau kita lihat riset oleh Google dan Temasek yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi digital ASEAN, malah empat unicorn kita diklaim sebagai unicorn mereka [Singapura]. Di laporan disebutkan Indonesia ada nol dan Singapura empat," kata pria yang akrab disapa Tom Lembong ini, Selasa (30/7/2019). Dikutp dari CNBCIndonesia

Riset itu bejudul "e-conomy SEA: Unlocking the $200 billion digital opportunity in Southheast Asia" yang dipublikasi tahun 2016."


Akan tetapi berselang beberapa waktu, Thomas Lembong mengklarifikasi pernyataanya tersebut. Ia menyampaikan permohonan maaf dan ralat dalam akun Twitter resminya. Dia menyebut terlalu jauh mengomentari data tersebut.

"Maaf & ralat: @tokopedia dan @bukalapak sudah klarifikasi ke saya, @gojekindonesia sudah klarifikasi ke publik: mereka tidak pakai induk perusahaan di Singapura, tapi sepenuhnya PT PMA di Indonesia... Saya bicara terlalu jauh, mengomentari bahan Google-Temasek ini," kata dia dalam akun twitter resminya @tomlembong.

Ketika dicek dalam laporan hasil riset Google dan Tamasek, ternyata yang dimaksud empat startup Unicorn miliki Singapura adalah GrabTaxi (ride-hailing), Garena (e-commerce & publisher game), Lazada (e-commerce) dan Razer (game online dan perangkatnya). Jadi bukan Gojek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak.

Sendangkan Indonesia, Vietnam, Thailand dan Malaysia nol, tak mempunyai startup unicorn.

Jadi bagaimana menurut Anda..?? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]