Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fungsi Good Corporate Governance (GCG) Bagi Para Investor

Penggunaan standar Good Corporate Governace (GCG) PT. Cikarang Listrido Tbk.


Assalamu'allaikum....

Rizensia.com - Sebuah perusahaan bisa dikatakan baik dan sehat, dilihat dari cara kerja manajemen perusahaan. Tentunya kamu sebagai investor harus jeli dalam memilih perusahaan yang akan di Investasikan.

Maka salah satu cara melihatnya adalah dengan mengacu pada penggunaan standar Good Corporate Governance (GCG) pada manajemennya. GCG adalah suatu proses untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabiltas perusahaan guna mewujudkan nilai Pemilik Modal/RPB dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholders perusahaan berlandaskan peraturan dan nilai etika.

Yang masuk kedalam stakeholders perusahaan antara lain, seperti pemilik, kreditor, pemasok, asosiasi usaha, karyawan, pelanggan, pemerintah dan masyarakat luas.

Prinsip-prinsip GCG disusun berdasarkan UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, UU No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, Anggaran Dasar Perseroan, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (sebelumnya dikenal sebagai Bapepam LK), Peraturan Bursa Efek Indonesia, hukum dan peraturan yang berlaku serta prinsip-prinsip GCG yang meliputi transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi serta kesetaraan dan kewajaran.

Tentunya tujuan dari pemberlakuan tata kelola perusahaan yang baik, nantinya akan mendorong kinerja perusahaan menjadi lebih baik. Dan pada akhirnya menguntungkan kamu sebagai stakeholder yakni pemilik saham perusahaan.

Untuk melihat Apakah suatu perusahaan telah menggunakan standar GCG atau belum, kamu bisa melihatnya dengan mengecek website perusahaan atau dengan cara membaca rekam jejak prestasi dari para direksi perusahaan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Good Corporate Governance (GCG) Bagi Para Investor"

Subscribe