Menanti Peran Masyarakat Dalam Memerangi Sampah Kota Palu

Sampah sudah menjadi masalah umum bagi seluruh penduduk dunia saat ini, berbagai cara dilakukan oleh pemerintah terkait masalah sampah di daerahnya masing-masing. Sama halnya dengan Kota Palu, Ibukota dari Provinsi Sulawesi Tengah ini, masalah sampah menjadi masalah yang sangat diperhatikan oleh pemerintah.
Assalamu'alaikum...

Sampah sudah menjadi masalah umum bagi seluruh penduduk dunia saat ini, berbagai cara dilakukan oleh pemerintah terkait masalah sampah di daerahnya masing-masing. Sama halnya dengan Kota Palu, Ibukota dari Provinsi Sulawesi Tengah ini, masalah sampah menjadi masalah yang sangat diperhatikan oleh pemerintah.

Padat Karya Kota Palu. Foto via Metrosulawesi.com

Pemerintah Kota Palu dalam memerangi sampah sudah melakukan beberapa langkah, seperti menambah armada truk pengangkut sampah, memberi bak-bak penampung sampah disetiap kelurahan, menyediakan layanan angkut sampah disetiap kelurahan, mengadakan tim Padat Karya, dan masih banyak lagi langkah yang dilakukan oleh pemerintah kota untuk menuntaskan masalah sampah.

Meski langkah yang diambil oleh Pemerintah Kota Palu ada yang belum maksimal, tetapi peran dari masyarakat sangat perlu dalam memerangi masalah kebersihan. Karena pada dasarnya yang memproduksi sampah itu adalah kita sebagai masyarakat Kota Palu.

Langkah-langkah kecil yang kita lakukan seperti jangan membuang sampah sembarangan, jangan membuang sampah di saluran air dan sungai, dan lain sebagainya itu sangat berdampak besar bagi kebersihan Kota Palu.

Sekarang ini Kota Palu menanti peran masyarakat dalam memerangi sampah. Kita sebagai masyarakat jangan hanya menyalakan pemerintah dalam mengatasi masalah sampah, akan tetapi bagaimana peran/kontribusi kita sebagai masyarakat dalam menjaga kebersihan Kota Palu yang kita cintai ini.
Karena pada dasarnya jika citra Kota Palu dikenal sebagai kota yang kotor, sampah berserakan dimana-mana tentu akan mengikut/melekat kepada kita juga sebagai masyarakat Kota Palu.
Ayo kita rubah pola pikir kita. Masalah sampah bukan hanya masalah pemerintah, tetapi masalah kita semua. Hilangkan budaya buang sampah sembarangan agar terciptanya Kota Palu yang bersih dan Indah. Bagaimana roa-roa ante sarara setujuh komiu le..!! ;) Tabe :D
***

Email: [email protected]
WA: 089657444900
Kami hadir di GOOGLE NEWS

1 komentar

  1. Kami ingin membantu saudara kami yang memiliki ide brilian tentang “ Alat Pemusnah Sampah Tanpa Pilah-Pilah Sistem Udara “ , namun sayangnya ia belum memiliki pengetahuan untuk melakukan proses marketing ke Dinas Pemerintahan setempat agar alat hasil karyanya ini bisa dianggarkan oleh pemerintah guna mengatasi problem sampah yang tak kunjung usai.
    Gerakan Indonesia Bersih, Indonesia Bebas Sampah
    Produk :
    “Alat Pemusnah Sampah Tanpa Pilah-Pilah Sistem Udara”
    Keunggulan Alat Kami:
    • Tanpa memerlukan bantuan BBM (bahan bakar minyak) setetespun, untuk memulai proses awal pembakaran dan seterusnya.
    • Hanya dengan sekali bakar api menyala terus-menerus, tidak akan padam hingga satu Tahun ke depan.
    • Tidak memerlukan banyak SDM dan alat berat dalam melakukan proses pemusnahan sampah.
    • Kapasitas Mampu memusnahkan sampah 5 Ton/hari.
    • Menggunakan sistem Udara dan air untuk melangsungkan proses pembakaran..
    • Asap yang keluar difilter dengan spray air sehingga tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan.
Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!