Kecepatan Rata-rata Internet Di Indonesia Menempati Urutan 4 ASEAN

Merasakan internet yang super cepat sepertinya Indonesia masi sebatas harapan saja, karena data yang di keluarkan oleh Lembaga penelitian OpenSignal dalam penelitianya Global State of Mobile Networks untuk periode Agustus 2016.
Merasakan internet yang super cepat sepertinya Indonesia masi sebatas harapan saja, karena data yang di keluarkan oleh Lembaga penelitian OpenSignal dalam penelitianya Global State of Mobile Networks untuk periode Agustus 2016.

Ilustrasi Peta Indonesia. Foto via Indotelko

Dalam laporanya menyatakan bahwa kecepatan rata-rata mobile broadband di Indonesia hanya menyentu angka 5,73 Mbps. Jika dibandingkan negara ASEAN, Indonesia berada di posisi empat, dimana Negara Singapura menjadi negara yang memiliki kecepatan Internet 31,19 Mbps, selanjutnya di posisi kedua negara jiran Malaysia dengan kecepatan Internet 7,7 Mbps.

Negara gajah putih (Thailand) memiliki kecepatan internet diposisi ketiga yaitu 6,96 Mbps, Indonesia menempati posisi ke empat dengan kecepatan internet 5,73 Mbps. Untungnya Indonesia masih bisa mengungguli negara Myanmar (4,6 Mbps) dan Filipina (3,1 Mbps).

Kalau di kanca global negara yang memiliki internet tercepat ialah Korea Selatan dengan rata-ratanya 41,3 Mbps, dan Singapura berada di posisi kedua. Sementara Afganistan menjadi negara dengan rata-rata kecepatan internet 2,2 Mbps dan menjadi yang terlambat didunia.

Kalau masalah ketersedian mobile broadband di Indonesia sudah menyentuh angka sekita 82,23%, dalam penelitian ini OpenSignal meneliti 95 negara dan di negara-negara tersebut jaringan yang masih kuat adalah 3G.

Dalam mendapatkan data diatas OpenSignal mengambil sekitar 822,556 sampel pengguna yang diteliti selama priode Mei hingga Juli 2016.

Bagaimana ini dengan kualitas jaringan kita, sebagian besar Operator Seluler dan Operator Kabel Serat Optik kita hanya menggarap pasar-pasar potensial saja dan mengacuhkan daerah lainnya. Ketika daerah yang diacuhkan tersebut berkembang dan menjadi pasar potensial, sekarang operator-operator tersebut memintah keadilan kepada pemerintah.
***

Email: [email protected]
WA: 089657444900
Kami hadir di GOOGLE NEWS

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!