Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Astra International Kembali Miliki Bank, Fokusnya Ke Bank Digital

PT Astra International Tbk (ASII) saat ini kembali masuk ke bisnis perbankan, hal ini terjadi ketika taipan otomotif ini mencaplok saham BJJ

 Assalamu'allaikum....

Astra International

rizensia - PT Astra International Tbk (ASII) saat ini kembali masuk ke bisnis perbankan, hal ini terjadi ketika taipan otomotif ini mencaplok saham Bank Jasa Jakarta (BJJ) senilai Rp3,87 triliun. 

Transaksi ini dilakukan oleh anak usaha Astra yakni PT Sedaya Multi Investama (SMI). Adapun skemanya, SMI menyerap 1.138.088 lembar alias 1,13 miliar lembar setara 49,56 persen.

SMI telah meneken Share Subscription Agreement (SSA) dengan BJJ pada 1 Juli 2022. Penyelesaian rencana transaksi tersebut tunduk pada dipenuhinya seluruh persyaratan pendahuluan dalam SSA, termasuk persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” tulis Gita Tiffani Boer, Corporate Secretary Astra International.

Setelah penyelesaian rencana transaksi, SMI akan memiliki 1.138.088 lembar saham atau mewakili 49,56 persen dari seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor di PT BJJ. "Tujuan transaksi sebagai pengembangan usaha, dan investasi SMI,” imbuhnya. 

Sementara itu, salah satu pemegang saham PT BJJ, Welab Sky Limited, akan meningkatkan kepemilikan pada PT BJJ. Itu juga tunduk pada persetujuan OJK atas rencana peningkatan tersebut. Setelah penyelesaian transaksi, Welab Sky Limited akan memiliki 49,56 persen dari seluruh modal ditempatkan, dan disetor PT BJJ.

Transaksi itu, tidak berdampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha emiten sebagai perusahaan publik. ”Transaksi justru akan memberi nilai tambah bagi perseroan sebagai induk SMI,” ucapnya.

Pada tahun 2020 Astra International secara resmi menjual saham mereka di Bank Permata kepada Bangkok Bank, dari penjualan saham ini Astra mendapatkan dana sebesar Rp16,83 triliun. 

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!