Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

MTMH Tawarkan 2 Juta Lot, Begini Prospek Saham PT Murni Sadar Tbk

Di akhir bulan Maret 2022, Bursa Efek Indonesia kedatangan calon emiten baru yakni PT Murni Sadar Tbk, perusahaan ini memakai kode saham MTMH

 Assalamu'allaikum....

PT Murni Sadar Tbk MTMH

rizensia - Di akhir bulan Maret 2022, Bursa Efek Indonesia kedatangan calon emiten baru yakni PT Murni Sadar Tbk, perusahaan ini memakai kode saham MTMH. Dalam prospektus yang mereka bagikan bahwa emiten ini bergerak di dunia kesehatan menempati sektor Healthcare, subsektor Healthcare Providers, Bergerak di bidang aktivitas rumah sakit swasta 

Dalam proses Initial Public Offering (IPO), MTMH menawarkan saham sebanyak 2,5 juta lot saham, direntang harga Rp1.180 - Rp1.480 per lembar saham.

Lalu, seperti apa prospek saham dari PT Murni Sadar Tbk berikut ini kami jelaskan.

Profil PT Murni Sadar Tbk (MTMH)

PT Murni Sadar Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa kesehatan dan membawahi beberapa rumah sakit swasta yang ada di Medan, Jakarta, Tangerang, Bali, dengan total kapasitas tempat tidur sebanyak 858 buah. 

Rumah sakit milik MTMH berfokus pada pelayanan kesehatan onkologi dan kardiovaskular, serta menjadi rumah sakit pendidikan kesehatan.

Dalam proses pengembangan perusahaan, Murni Teguh Hospitals Group memiliki rencana mengembangkan rumah sakit secara bertahap ke daerah-daerah lain di Indonesia sehingga dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Kami juga menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) yang bertujuan untuk memberikan acuan yang sama bagi stakeholder rumah sakit yang dimiliki Murni Teguh Hospitals Group, demikian pula ada standar mutu yang sama di seluruh rumah sakit sehingga masyarakat dapat mempercayakan pelayanan kesehatannya kepada kami sebagai grup rumah sakit yang handal. 

Motto kami yaitu Make Tommorow More Healthy mempunyai arti upaya kesehatan yang dilakukan oleh Murni Teguh Hospitals bersifat komprehensif dan paripurna agar masyarakat dapat hidup lebih sehat di masa mendatang.

Berikut ini 5 rumah sakit yang dimiliki oleh perseroan yang terletak di Medan, Jakarta, Bali serta Tangerang dan mengoperasikan 1 rumah sakit di Medan dengan menggunakan metode kerja sama operasional, yaitu:

  • Rumah Sakit Murni Teguh Memorial Hospital
  • Rumah Sakit Aminah
  • Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman
  • Rumah Sakit Ibu dan Anak Rosiva
  • Rumah Sakit Murni Teguh Bali
  • Rumah Sakit Murni Teguh Methodist Susanna Wesley
Per tanggal 31 Desember 2021, Perseroan dan Perusahaan Anak mempekerjakan 103 dokter umum dan 319 spesialis yang menawarkan layanan ke pasien Perseroan dan Perusahaan Anak dan sekitar 1.980 perawat dan staf pendukung lainnya.

Pengembangan Fasilitas Kesehatan 

Dengan perkembangan teknologi medis kedokteran yang sangat pesat, Perseroan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan tersedianya fasilitas pengobatan diantaranya Linear Accelerator (“LINAC”) Elekta Synergy Platform, Coronary Artery Bypass Grafting (“CABG”), radioterapi, MRI 1.5 Tesla, CT Scan 128 slices, mammography, chemotherapy center, branchitheraphy, heart centre, Cardiovascular Care Unit (“CVCU”) di Rumah Sakit Utama di Medan yaitu Murni Teguh Memorial Hospital. Seiring dengan perkembangan, fasilitas-fasilitas layanan tersebut juga akan diterapkan pada Rumah Sakit lain yang dikelola Perseroan. Perseroan berencana untuk mengembangkan usahanya melalui pendirian rumah sakit baru, pengembangan rumah sakit Perseroan yang sudah berdiri dan akuisisi rumah sakit yang berpotensi baik.

Center of Excellence Perseroan adalah onkologi dan kardiovaskuler. Salah satu layanan unggulan yang dimiliki adalah unit onkologi radiasi yang menggunakan peralatan modern berteknologi tinggi yaitu LINAC Elekta Synergy Platform dengan kemampuan teknik 3D - CRT dan Intensity Modulated Radiation Theraphy (“IMRT”).

Selain itu, Perseroan menyediakan layanan CABG yaitu prosedur pembedahan pembuatan jalan baru bagi arteri jantung yang tersumbat untuk memulihkan aliran normal ke otot jantung.

Perseroan juga menyediakan jasa HomeCARE berupa pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit dan HomeVISIT berupa segala tindakan yang dilakukan kepada pasien oleh tenaga kesehatan sebagai kelanjutan dari tindakan yang dilakukan di rumah sakit atau bersifat panggilan. Tindakan ini dilakukan di rumah atau tempat tinggal pasien.

Keunggulan Kompetitif Dari MTMH

  • Rumah sakit Perseroan terletak pada lokasi yang strategis
  • Rumah sakit Perseroan berfokus pada layanan onkologi dan kardiovaskular
  • Rumah sakit Perseroan memiliki fasilitas kesehatan lengkap dengan teknologi terkini didukung dengan tenaga medis profesional
  • Rumah sakit Perseroan telah terakreditasi Paripurna
  • Rumah sakit Perseroan menyediakan layanan BPJS dan umum
  • Sumber Daya Manusia (SDM) yang lengkap dan terlatih
  • Rekam jejak yang terbukti dengan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi

Penawaran Saham MTMH

Dalam proses penawaran umum perdana saham ini PT Murni Sadar Tbk menawarkan sebanyak-banyaknya 254.022.800 lembar saham biasa atas nama yang seluruhnya adalah saham baru, dimana nilai nominal dari saham ini adalah Rp100 dan mewakili sebanyaknya 12,28% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Untuk harga penawaran saham direntang harga Rp1.180 - Rp1.480 per saham, dengan begitu MTMH akan mendapatkan dana dari hasil IPO sebesar Rp375.953.744.000 atau Rp375,9 miliar.

Dalam proses penawaran ini, emiten menggunakan jasa dari PT Ciptadana Sekuritas Asia (KI) dan PT BCA Sekuritas (SQ).

Penggunaan Dana IPO

Seluruh dana yang diperoleh dari Penawaran Umum ini setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan Penawaran Umum ini akan digunakan untuk:
  • Sekitar Rp181.000.000.000 (seratus delapan puluh satu miliar Rupiah) akan digunakan oleh Perseroan untuk:
    • Sekitar Rp20.000.000.000 (dua puluh miliar Rupiah) untuk belanja modal dalam rangka ekspansi usaha, antara lain namun tidak terbatas untuk renovasi bangunan serta pembelian peralatan dan perlengkapan medis untuk rumah sakit baru di Bandung dengan nama Rumah Sakit Murni Teguh Bandung.
    • Sekitar Rp161.000.000.000 (seratus enam puluh satu miliar Rupiah) akan digunakan untuk kebutuhan modal kerja, antara lain namun tidak terbatas untuk pembayaran utang usaha, pembelian persediaan berupa barangbarang yang digunakan dalam proses pemberian layanan kesehatan di rumah sakit seperti obat, alat kesehatan dan bahan konsumsi, dan pembayaran biaya sewa untuk gedung Rumah Sakit Murni Teguh Bandung.
  • Sisanya akan dipinjamkan kepada Perusahaan Anak, yaitu PT Murni Sadar Kasih Abadi (MSKA), dengan perincian sebagai berikut:
    • Sekitar Rp43.890.810.444 (empat puluh tiga miliar delapan ratus sembilan puluh juta delapan ratus sepuluh ribu empat ratus empat puluh empat Rupiah) untuk melunasi seluruh pokok pinjaman MSKA dari Bank BCA;
    • Sekitar Rp30.000.000.000 (tiga puluh miliar Rupiah) untuk belanja modal dalam rangka ekspansi usaha MSKA, termasuk namun tidak terbatas untuk pembangunan lanjutan atas Rumah Sakit Murni Teguh Tuban Bali yang telah memulai kegiatan operasional tahap awal pada tanggal 12 Desember 2021 serta pembangunan rumah sakit baru di Pematang Siantar dengan nama Rumah Sakit Murni Teguh Pematang Siantar.
  • Sisanya untuk kebutuhan modal kerja, antara lain namun tidak terbatas untuk pembayaran utang usaha, pembelian persediaan berupa barang-barang yang digunakan dalam proses pemberian layanan kesehatan di rumah sakit seperti, obat, alat kesehatan dan bahan konsumsi serta pembayaran biaya sewa untuk gedung tambahan Rumah Sakit Murni Teguh Tuban Bali dan gedung tambahan Rumah Sakit Murni Teguh Pematang Siantar

Kondisi Keuangan MTMH

Dalam prospektus yang dibagikan oleh MTMH, bahwa total aset dari emiten ini per 31 Oktober 2021 sebesar Rp1,39 triliun, sementara pada tahun 2020 dan 2019 total aset perseroan berada di Rp805,6 miliar dan Rp876,8 miliar per 31 Desember.

Kemudian, untuk total liabilitas MTMH per 31 Oktober 2021 berada di angka Rp636,3 miliar, sementara pada kinerja tahun 2020 dan 2019 liabilitas perseroan berada di Rp755,1 miliar dan Rp826,8 miliar per 31 Desember, dari data ini terjadi tren penurunan dari utang perseroan.

Untuk total ekuitas, MTMH mengalami peningkatan yang cukup siginifikan dimana per 31 Oktober 2021 nilai ekuitas perseroan sebesar Rp751,4 miliar. Sementara pada tahun 2020 dan 2019, nilai ekuitas perseroan berada di Rp50,4 miliar dan Rp46,9 miliar per 31 Desember.

Meningkatnya nilai ekuitas ini diakibatkan oleh meningkatnya modal yang ditempatkan dan disetor Perseroan dan surplus atas revaluasi aset tetap Perseroan.

Sementara itu, pendapatan Perseroan untuk periode sepuluh bulan yang berakhir pada tanggal 31 Oktober 2021 adalah sebesar Rp848.370.392.530, meningkat 80,1% dibandingkan dengan periode sepuluh bulan yang berakhir pada tanggal 31 Oktober 2020 sebesar Rp471.167.739.702. 

Peningkatan disebabkan oleh mulainya kerjasama operasional di bulan Maret 2021 untuk mengoperasikan RS Murni Teguh Susanna Wesley yang berkontribusi sebesar 3,4% dari jumlah pasien rawat inap dan 0,9% dari jumlah pasien rawat jalan Perseroan pada periode sepuluh bulan yang berakhir pada tanggal 31 Oktober 2021. 

Peningkatan juga disebabkan oleh penjualan obat-obat chemotheraphy disebabkan penambahan jumlah pasien yang melakukan prosedur perawatan kanker di Indonesia karena peraturan lock down. Kamar Rawat Inap – Pasien meningkat sebagai dampak pembatasan mobilitas sehingga Perseroan dapat menangkap peluang dari pasien yang sebelumnya berobat di luar negeri. Peningkatan juga disebabkan oleh kenaikan pendapatan laboratorium ditunjang oleh pemeriksaan PCR, antigen, dan antibodi COVID-19. 

Prospek Saham PT Murni Sadar Tbk MTMH

Pada dasarnya prospek emiten pengelolah rumah sakit cukup bagus, bahkan beberapa group ternama di Indonesia seperti Lippo, Emtek, Mayapada, Saratoga Investama pun mempunyai jaringan rumah sakit dan terus mengembangkan serta memperluas jaringan rumah sakit  mereka.

Tak hanya itu, perusahaan BUMN sendiri saat ini tengah mengembangkan holding dari kesehatan, dimana merangkul seluruh rumah sakit milik perusahaan BUMN didalam satu manajemen group yang dipimpin oleh Petramedika IHC.

Kemudian, kebutuhan akan layanan kesehatan pun tiap tahunnya terus meningkat ini bisa menjadi prospek yang positif bagi emiten-emiten yang bergerak di layanan kesehatan seperti jaringan rumah sakit

Jadwal IPO PT Murni Sadar Tbk (MTMH)

Keterangan Tanggal
Perkiraan Masa Penawaran Awal 24 - 30 Maret 2022
Perkiraan tanggal Efektif 11 Maret 2022
Perkiraan Masa Penawaran Umum Perdana Saham 13 - 18 April 2022
Perkiraan Tanggal Penjatahan 18 April 2022
Perkiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik 19 April 2022
Perkiraan Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia 20 April 2022

Bagaimana menurutmu tentang saham ini?

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!