Prospek Saham IPO PT Avia Avian Tbk (IDX: AVIA)

Avian Brands adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha industri dan perdagangan cat dan tinta cetak, pernis, lak, perekat/lem, mortar

Assalamu'allaikum....

Avian Brands
PT. Avia Avian Tbk

rizensia - Salah satu perusahaan yang dikendalikan oleh keluarga Hermanto Tanoko yakni PT Avia Avian Tbk, berencana listing di Bursa Efek Indonesia7 Desember 2021. Saat ini PT Avia Avian Tbk masih dalam masa penawaran awal (bookbuilding) saham yang dimulai tanggal 12 November 2021 - 18 November 2021. 

Adapun masa penawaran umum diperkirakan tanggal 1-2 Desember 2021. Harga saham yang ditawarkan oleh Avian berkisar di harga Rp 780 - Rp 930 per lembar saham.

Profil Avian Brands

Avian Brands adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha industri dan perdagangan cat dan tinta cetak, pernis, lak, perekat/lem, mortar atau beton siap pakai. Produknya pun cukup beragam dan menjadi market leader di pasar.

Merek dari produk Avian cukup beragam dan terkenal diantaranya Avian Cat Kayu dan Besi, Avitex Cat Tembok Kebanggaan Orang Hebat, dan No Drop Cat Pelapis Anti Bocor. Keberadaan kami bertujuan untuk memberikan manfaat terdepan dan berkontribusi dalam mewarnai Indonesia.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1979 oleh Bapak Soetikno Tanoko, yakni ayah dari Komisaris Utama Avian Brands, Bapak Hermanto Tanoko dan Direktur Utama, Bapak Wijono Tanoko.

Proses IPO Ke Bursa Saham Indonesia

Dalam penawaran saham ini PT Avia AVian Tbk (IDX: AVIA) menawarkan saham ke investor publik sebanyak 6,2 miliar saham. Jumlah ini setara dengan 10,0075% dari jumlah seluruh modal disetor perseroan dengan nilai nominal Rp 10,.

Kemudian, saham ini juga menawarkan saham kepada karyawan (Employee Stock Allocation) sebanyak 124 juta saham atau 2% dari modal ditempatkan dan disetor kepada perseroan.

Dari proses IPO ini, Avian menargetkan pendapatan dana dari IPO sebesar Rp 5,76 Triliun. Adapun seluruh dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham ini setelah dikurangi seluruh biaya-biaya emisi saham, akan dialokasikan untuk: 

1. Penggunaan dana sekitar 54,50%

Sekitar 54,50% (lima puluh empat koma lima nol persen) akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja, yang antara lain namun tidak terbatas pada pembayaran kepada pemasok, pembelian persediaan, biaya operasional dan modal kerja lainnya.

2. Penggunaan dana sekitar 18,20%

Sekitar 18,20% (delapan belas koma dua nol persen) akan digunakan oleh PT Tirtakencana Tatawarna (“TKTW”) untuk modal kerja, yang antara lain namun tidak terbatas pada pembayaran kepada pemasok, pembelian persediaan, biaya operasional dan modal kerja lainnya. Mekanisme penyaluran dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham ini kepada TKTW akan dilakukan dalam bentuk penambahan modal.

3. Penggunaan dana sekitar 14,00%

Sekitar 14,00% (empat belas koma nol nol persen) akan digunakan oleh Perseroan pada periode 2022 - 2024 untuk pembelanjaan modal (capital expenditure) fasilitas manufaktur ketiga Perseroan yang baru di Cirebon, fasilitas manufaktur Perseroan yang sudah ada, mesin – mesin dan pusat distribusi Perseroan dan TKTW, yang terdiri dari:
  1. Sekitar 9,60% (sembilan koma enam nol persen) untuk pembelian mesinmesin berupa mesin filling, mesin mixer, reactor, dan tangka serta mesinmesin pembuat kemasan kaleng untuk kegiatan usaha Perseroan; 
  2. Sekitar 2,70% (dua koma tujuh nol persen) untuk perbaikan dan pemeliharaan bangunan dan infrastruktur sehubungan dengan kegiatan operasional, antara lain bangunan pabrik dan bangunan kantor untuk kegiatan usaha Perseroan;
  3. Sekitar 0,20% (nol koma dua nol persen) untuk IT infrastruktur, peralatan kantor dan kendaraan operasional Perseroan; dan
  4. Sekitar 1,5% (satu koma lima persen) untuk IT infrastruktur, peralatan kantor dan kendaraan operasional TKTW. Mekanisme penyaluran dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham ini kepada TKTW akan dilakukan dalam bentuk penambahan modal.
Adapun hingga Prospektus diterbitkan, belum ditentukan pihak yang menjadi lawan transaksi sehubungan dengan pembelanjaan modal di atas, mengingat pembelanjaan modal di atas akan dilakukan pada periode 2022 - 2024. Apabila pihak yang menjadi lawan transaksi adalah pihak terafiliasi Perseroan, seluruh transaksi akan dilakukan secara arm’s length dan dilakukan dengan memenuhi peraturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

4. Penggunaan dana sekitar 13,30%

Sisanya sekitar 13,30% (tiga belas koma tiga nol persen) akan digunakan untuk pelunasan pokok utang bank Perseroan dan TKTW, Entitas Anak. Mekanisme penyaluran dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham ini kepada TKTW akan dilakukan dalam bentuk penambahan modal. Pelunasan pokok utang bank tersebut diperkirakan akan dilaksanakan setelah mendapatkan dana melalui Penawaran Umum Perdana Saham.

Jadwal IPO PT Avia Avian Tbk

  • Masa Penawaran Awal Saham AVIA: 12 November - 18 November 2021
  • Masa Penawaran Umum Saham AVIA: 1-3 Desember 2021
  • Tanggal Penjatahan Saham AVIA: 3 Desember 2021
  • Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan Saham AVIA: 6 Desember 2021
  • Tanggal Distribusi Saham AVIA Secara Elektronik: 6 Desember 2021
  • Tanggal Pencatatan Saham AVIA di BEI: 7 Desember 2021
  • Pemesanan IPO saham AVIA bisa dilakukan melalui e-IPO

Alamat Perseroan

Kantor Pusat Avian Brands berada di Jalan Surabaya - Sidoarjo KM. 19, Kelurahan, Wadungasih, Kecamatan Buduran, Sidoarjo 61254, Jawa Timur
Telpon : 031 - 8968000
Web: avianbrands.com

Semoga bermanfaat....

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!
© rizensia. All rights reserved. Dukung!