Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Indeks ESG Leaders: Kumpulan Daftar Emiten Saham Berkelanjutan

Tren investasi ini didunia semakin tinggi, sebagai contoh di Asia sendiri setidaknya ada lebih dari 5.000 investor yang tertarik menanamkan dananya.

 Assalamu'allaaikum....

Ilustrasi via DBS
Ilustrasi via DBS

rizensia - Sejak tahun 2019 Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi menjadi anggota dari United Nations Sustainable Stock Exchange (SSE) Initiative. Bentuk atau hasil dari bergabungnya BEI kedalam SSE, salah satunya ditandai dengan diluncurkan indeks baru yang bernama IDX ESG Leaders, pada 14 Desember 2020.

Indeks ini adalah wujud komitmen BEI dalam upaya pengembangan dan peningkatan praktik ESG dipasar modal Indonesia. ESG sendiri adalah singkatan dari Environmental, Social, Governance.

Apa itu Investasi ESG? 💬

Dalam investasi, 👅 ESG adalah suatu konsep yang tidak mengejar keuntungan semata, melainkan juga memperhatikan segi kebermanfaatan usaha bagi lingkungan, masyarakat, dan pemerintah. 

Tren Investasi ESG secara Global 💚

Tren investasi ini didunia semakin tinggi, sebagai contoh di Asia sendiri setidaknya ada lebih dari 5.000 investor yang tertarik menanamkan dananya.

Kemudian nilai investasi ESG dalam skala global terus meningkat secara signifikan dalam 8 tahun terakhir. Setidaknya dari tahun 2012 sampai dengan 2018 saja, total kenaikan nilai investasi ESG mencapai 170,48% atau dari nilai USD 11,35 triliun menjadi USD 30,7 triliun.

Tren Investasi ESG di Indonesia 💙

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Indeks IDX ESG Leaders dibangun berdasarkan penilaian resiko ESG yang mengukur sejauh mana penerapan ESG dilakukan oleh Perusahaan Tercatat berdasarkan eksposur resiko di masing-masing bidang usaha.

Pihak BEI juga bekerjasama dengan Sustainalystics yaitu lembaga independen terkemuka yang bergerak dalam bidang penelitian ESG dan tata kelola perusahaan, dalam penyediaan data ESG.

Head of Asean and Indonesia Research Citigroup Sekuritas Ferry Wong menjelaskan saat ini faktorisasi ESG sudah digunakan oleh 50 persen investor institusi asing di Indonesia. Sementara itu, investor institusi lokal yang sudah mempertimbangkan faktor ESG disebut sudah mencapai 30 persen - 40 persen.

“Sekarang dampaknya lebih dari sisi investor asing, mereka lebih sulit berinvestasi ke saham tersebut [skor ESG rendah],” kata Ferry pekan lalu dikutip dari Bisnis Indonesia.

Adapun, investasi ESG di Indonesia disebut Ferry saat ini memang masih sedikit namun dalam tren yang bertumbuh mengikuti perkembangan global. 

Dia menyebut beberapa perusahaan yang tidak sesuai dengan prinsip ESG seperti perusahaan rokok, minuman beralkohol, batu bara, hingga CPO akan lebih sulit dalam menarik investor asing di masa depan. 

“Mereka [investor] tidak bisa membeli saham perusahaan tersebut kecuali scoring ESG-nya bagus,” tutur Ferry.

Proses pemilihan konstituen Indeks IDX ESG Leaders oleh BEI

  • BEI menetapkan saham-saham semesta untuk pemilihan Indeks IDX ESG Leaders yaitu dari konstituen Indeks IDX80 yang memiliki skor risiko ESG dari Sustainalytics,
  • Mengeluarkan saham-saham dengan kontroversi tinggi (kategori 4 dan 5),
  • Mengeluarkan saham-saham dengan skor risiko ESG pada kategori tinggi (high) dan berat (severe),
  • Dari saham-saham yang tersisa, berdasarkan nilai risiko ESG terendah ditentukan konstituen Indeks IDX ESG Leaders terpilih yaitu sebanyak paling sedikit 15 saham dan paling banyak 30 saham.
Laman Selanjutnya: Daftar Saham di Indeks IDX ESG Leaders

Daftar Saham di Indeks IDX ESG Leaders 

Lihat data terbaru dari Indeks IDX ESG Leaders disini!

Referensi:
https://bit.ly/3BXINhk
https://bit.ly/3jztl4b
https://bit.ly/2Z1Wg9i

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!