Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Maksud Dari Istilah 'Bandar Mah Bebas', Lengkap Dengan Contoh Kasus

Istilah 'Bandar mah bebas' adalah kalimat yang menggambarkan kebebasan bandar dalam mengatur pergerakan harga.

 Assalamu'allaikum....

Bandar mah bebas
Ilustrasi Kebebasan Bandar

rizensia - Bagi penganut analisa bandarmologi hukum kebebasan bandar menjadi hal yang mutlak untuk kita percaya dan yakini. Ini karena merekalah pemegang kendali atas pergerakan suatu harga saham.

Tanpa bandar harga saham tak akan kemana-mana, pasti hanya berkutat disitu-situ saja.

Sehingga kehadiran bandar pada saham pun menjadi hal yang penting.

'Bandar mah Bebas' 👊

Istilah 'Bandar mah bebas' adalah kalimat yang menggambarkan kebebasan bandar dalam mengatur pergerakan harga. Istilah ini sering digunakan oleh Arga J Karo Karo dalam setiap sesi podcast miliknya yakni 'Bicara Bandar' di channel Youtube Creative Trader.

Contoh kasus kebebasan Bandar Saham 👦

Misalnya kamu mengamati suatu saham, contoh saham ABCD. Ketika kamu melihat riwayat transaksi selama tiga hari kebelakang asing melakukan pembelian saham ABCD. Lalu, dihari selanjutnya kamu melihat bandar tetap mengakumulasi saham ABCD.

Nah, dihari keempat itu kamu mulai membeli saham ABCD, dengan perkiraan bahwa sudah empat hari bandar akumulasi. Akan tetapi apa yang terjadi dihari berikutnya, bandar saham tersebut malah melakukan akumulasi dan harga saham dibuat turun lebih dalam lagi. 

Kemudian, dihari keenam bandar masih akumulasi, hanya saja harganya dibuat naik. Akan tetapi kenaikannya tak sebanding dengan besaran penurunan yang dilakukan pada hari sebelumnya.

Dari kasus ini, sebagai investor ritel kita perlu tau akan kebebasan bandar. Tak serta merta ketika bandar melakukan akumulasi dan keesokan harinya mereka langsung menggoreng (menaikan harga) saham.

Bisa jadi bandar melakukan akumulasi berminggu-minggu, bahkan sampai bulanan pada saham ABCD tersebut. Banyak motif bandar melakukan hal itu, salah satunya adalah memutus optimisme investor ritel akan saham tersebut, sehingga investor ritel mau menjual saham mereka kepada bandar saham.

Lalu, bagaimana cara mensiasati kebebasan bandar tersebut? 👾

Caranya gampang yaitu sabar dan pintar-pintar dalam mengatur manajemen keuangan.

Jangan sampai melihat saham ABCD diakumulasi bandar selama 4 hari berturut-turut, dengan percaya diri langsung menginvestasikan seluruh modal kamu pada saham tersebut (all in). Karena bisa jadi, dihari kelima bandar malah semakin menurunkan harga dan tetap akumulasi saham.

Maka dari itu, ketika bandar melakukan akumulasi secara terus menerus, kita bisa melakukan beberapa cara dengan masuk secara berkala atau sedikit demi sedikit. Kemudian cara paling akhir adalah menunggu sampai bandar menggoreng saham tersebut.

Kami juga menyarankan untuk menggunakan analisa ini ke saham-saham yang memiliki riwayat transaksi jual beli aktif (saham liquid). 

Semoga bermanfaat...

Baca juga artikel lainya dari kami tentang analisa bandarmologi disini.

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!