Squid Game: Uang Untuk Hidup atau Hidup Untuk Uang

Pelajaran kehidupan ini mengenai masalah finansial yang dialami oleh pemain permainan di dalam cerita drama Squid Game.

 Assalamu'allaikum...

Squid Game
Squid Game

rizensia - K-Drama yang berjudul Squid Game menjadi perhatian khalayak luas, drama ini selain memperlihatkan beberapa adegan yang mengenaskan. Tetapi ada beberapa part dari drama ini yang bisa kita ambil pelajaran kehidupan didalamnya.

Pelajaran kehidupan ini mengenai masalah finansial yang dialami oleh pemain permainan di dalam cerita drama Squid Game. Dimana mereka memperebutkan hadiah berupa uang sejumlah 45,6 miliar won atau sekitar 549 miliar rupiah hanya akan dimenangkan 1 orang dengan taruhan nyawa 455 peserta lainnya!

Nah, dari 6 permainan di Squid Game, setidaknya ada 3 yang secara filosofis erat kaitannya dengan financial planning. Apa saja itu? Yuk simak artikel ini, dikutip langsung dari akun Instagram praktisi perencanaan keuangan ternama Mba Pritha Hapsari Ghozie.

Red Light, Green Light

Maksdunya, lampu hijau boleh gerak, lampu merah harus berhenti. Jika ada gerakan, maka penjaga akan "tembak" pemain.

Terlihat sekali para pemain memiliki karakter berlainan, ada yang nekat tanpa strategi (alhasil ditembak), ada yang tenang bahkan bisa membaca situasi jika berjalan dibelakang orang lain maka gerakan kecil tak terdeteksi dan lainnya.

Dari part drama ini, mba Pritha mencoba menjelaskan dimana Red Light Green Light ini mengingatkan kita akan pengendalian diri yang merupakan good money habit paling dasar dalam pengelolaan uang.

Ia mencontohkan seperti;

  • Belanja itu boleh, tetapi ketika menjadi impulsif harus mampu berhenti
  • Investasi itu butuh keberanian, tetapi ketika mulai berubah menjadi "judi" alias spekulasi berlebihan, maka tahu saatnya berhenti.

Honeycomb Challenge

Maksudnya, para pemain harus mengukir dan melepaskan gulali dengan sempurna yang mereka pilih secara random dalam waktu 10 menit. Setiap gulali punya opsi gambar: segitiga, kotak, lingkaran, bintang, dan payung. Jika sedikit rusak saja, pemain langsung "mati".

Semakin sulit bentuk gulali, maka dibutuhkan keahlian yang berbeda. Gi Hun berhasil melepaskan gulali payung tanpa sengaja, saat keringatnya jatuh ke gulali. Artinya cara melepaskannya harus beda dengan bentuk segitiga atau kota yang simple. Permainan ini mengingatkan kita atas opsi dalam berinvestasi.

Mengelola investasi dalam bentuk deposito pasti beda banget dengan saham kan? Meski lebih sulit, tetapi bukan tidak bisa dipelajari. Caranya bisa dengan mengamati dan belajar bersama yang lebih berpengalaman, lalu pastinya harus mencoba. Kakek 001 pun akhirnya mengikuti teknik Gi Hun untuk melepaskan gulali payung miliknya.

Squid Game

Terbagi menjadi penjaga dan penyerang. Prinsipnya, penyerang harus melewati simbol kepala cumi-cumi yang dijaga untuk memenangkan permainan.

Spoiler alert!

Menurut mba Pritha bahwa permainan ini sangat menggambarkan sifat manusia dengan 2 pilihannya: hidup untuk uang atau uang untuk hidup? Meski pun sudah diambang kemenangan, namun tokoh ini memlih untuk tidak membunuh lawannya, Instead, dia mengajak lawannya untuk pergi dari permainan dan membiarkan game over without a winner. Dia memilih hidup manusia dibandingkan uang.

Permainan ini mengingatkan banyaknya manusia yang rela berbuat segalanya: dari mulai fitnah, taktik busuk, hingga saling menjatuhkan demi mendapatkan jabatan, harta, dan lainnya. Dan toko utaman di Squid Game mengingatkan kita masih ada orang baik di dunia ini, meski pun dia mengalami kesulitan.

Lalu, apa yang terjadi? Silahkan lihat sendiri di drama ini, lanjut mba Pritha

Menurut mba Pritha dalam keseluruhan episode, yang menjadi favoritnya adalah episode 9, saat pemenang bertemu dengan Game Creator (siapakah diaaa...). Dia bertanya, kenapa kamu membuat permainan seperti itu dan tidak menghargai nyawa manusia?

"Orang punya uang tak berseri dan orang yang sangat sulit uang sebenarnya punya masalah hidup yang sama: Sulit untuk bahagia menikmati hidup. Tentunya, mereka yang punya uang ga berujung bisa membeli segala macam, tapi kenikmatannya hampir tak ada karena ibarat ngirup udara tiap hari. Almost taken for granted. Untuk apa yang ga punya uang, ya pasti pastinya juga susah menikmati hidup karena setiap hari dilalui dengan motivasi survival saja."

Maka si Game Creator berusaha mencari excitement dengan permainan Squid Game

Pada akhirnya, pemenang Squid Game pun tidak menyentuh uang kemenangan 45,6 miliar won selama setahun sejak permainan berakhir. Untuk alasan yang masih misterius.

Kesimpulan

Dari cerita ini, mba Pritha memberikan kesimpulan.

Coba tanyakan apa yang kita perbuat untuk mendapatkan sesuatu? Apakah niat kita bekerja? Demi uang semata? Atau ada hal lain?

Ternyata resep kebahagian itu sederhana: CUKUP sehingga mampu membeli berbagai keperluan dan MAMPU MENYUSKURI tanpa perlu membandingkan dan mempertontonkan.


***

Email: [email protected]
WA: 089657444900
Kami hadir di GOOGLE NEWS

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!