Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

eASY.KSEI, Platform Terbaru Dari KSEI

 Assalamu'allaikum....

rizensia - Selama ini saat perusahaan yang kita investasi sahamnya melakukan RUPS, sebagai investor ritel tentu terkendala dalam memberikan hak suara dari saham yang kita miliki. Tentu hal ini membuat kita kecewa karena tidak bisa memberi hak suara, karena diakibatkan kondisi geografis Indonesia yang luas dan dipisahkan oleh pulau-pulau.


Pada tahun 2020 ini, kendala tersebut mulai dijawab oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dimana mereka mempercepat proses penggunaan platform electronic proxy (e-Proxy) dengan nama eASY.KSEI.

Apa itu eASY.KSEI?

eASY.KSEI merupakan sistem yang digunakan pemegang saham dalam pemberian kuasa secara elektronik kepada pihak lain untuk hadir pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Hingga saat ini (10/06/2020), baru sekitar 523 emiten yang menerapkan sistem ini. Dalam pengembangan eASY.KSEI, KSEI bekerja sama dengan lembaga Kustodian sentral dari Turki yaitu Merkezi Kayit Kurulusu (MKK).

Kerja sama tersebut mulai terjalin sejak tahun 2017 melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). CEO and Broad Member MKK Ekrem Arikan menyatakan, diantara sistem yang dikembangkan di pusat Research and Development MKK, Electronic General Meeting System (e-GEM) telah digunakan di pasar modal Turki sejak tahun 2012. Sistem ini digunakan untuk lebih dari 3.000 rapat elektronik, dengan partisipasi lebih dari 130.000 pemegang saham di Turki.

Fitur dari eASY.KSEI

Platform ini nantinya akan menyediakan berbagai fitur menarik dalam penyelenggaraan RUPS dan sistem ini dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pengembangan praktik tata kelola perusahaan.

eASY.KSEI bisa digunakan dalam 4 tahapan antara lain, Pengumuman RUPS, Pemanggilan RUPS, Pelaksanaan RUPS, dan Pelaporan RUPS.

Pengumuman RUPS

Pada tahap ini Emiten dapat melakukan input data kegiatan, informasi agenda RUPS dan dokumen pendukung lainnya. Saat tanggal pengumuman, Emiten dapat mengirim pengumuman melalui email otomatis ke daftar nama penerima informasi RUPS sesuai dengan data Daftar Pemegang Saham pada tanggal yang ditetapkan.

Emiten dapat menunjuk pihak untuk menjadi penerima kuasa perwakilan independen.

Pemanggilan RUPS

Tahap pemanggilan, Emiten dapat melakukan pemanggilan melalui platform dan wajib melakukan upload agenda rapat dalam 2 bahasa, Indonesia dan Inggris. Email otomatis dapat dikirimkan kembali kepada Daftar Pemegang Saham yang mana emailnya terdaftar di AKSes KSEI, serta daftar nama penerima informasi RUPS.

Nah, setelah itu pemegang saham dapat memberikan kuasa dan pilihan suaranya ke pihak lain seperti penerima kuasa individu yang wajib login ke wabsite AKSes KSEI, ke Perusahaan Efek dan Bank Kustodian selaku partisipan KSEI atau ke penerima kuasa independen yang ditunjuk oleh Emiten.

Pemberian kuasa ke partisipan KSEI dapat dilakukan baik melalui platform ataupun melalui pemberitahuan langsung kepada partisipan KSEI di luar platform. Penyampaian pemberian kuasa di luar platform tersebut akan di-update partisipan KSEI melalui platform eASY.KSEI.

Tahap Pelaksanaan RUPS

Apabila partisipan KSEI yang telah mendapat kuasa dari pemegang saham yang berhalangan hadir, maka partisipan KSEI dapat memberikan kuasa subsitusi melalui platform ke penerima kuasa independen. Sebelum pelaksanaan RUPS, proses registrasi kehadiran RUPS yang dilaksanakan secara fisik juga dilakukan melalui eASY.KSEI.

Berdasarkan data kehadiran ini, Emiten dengan dibantu oleh BAE dapat menghitung jumlah kuorum kehadiran peserta RUPS. Saat pelaksanaan RUPS, 

Tahap Pelaporan RUPS

Nantinya pihak emiten dapat meng-update semua kegiatan RUPS di eASY.KSEI sehingga dapat dipantau oleh OJK. Hasil voting atas mata acara apabila ada pun dapat dihasilkan melalui eASY.KSEI.

Kedepannya penerapa e-Proxy akan dikembangkan lebih lanjut, harapannya bisa mengimplementasikan fasilitas e-Voting dimana fiturnya akan dilengkapi dengan fasilitas live streaming pada eASY.KSEI

Nantinya eASY.KSEI dapat digunakan pemegang saham untuk berinteraksi secara langsung dan memberikan hak suara secara elektronik. Diharapkan e-Voting nantinya dapat menjadi fasilitas yang terintegrasi untuk penyelenggaraan e-RUPS sesuai dengan ketentuan POJK yang berlaku.

Posting Komentar untuk "eASY.KSEI, Platform Terbaru Dari KSEI"

Langganan Artikel Kami