Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SMI Expressa, Motor Nasional Pertama Buatan Indonesia

Assalamu'allaikum.....



Rizensia.com – Ternyata pada zaman orde baru pengembangan industri motor nasional telah dilakukan oleh pemerintah kala itu. SMI Expressa adalah kendaraan seperda motor buatan dalam negeri, yang mana digadang-gadang bisa bersaing dengan motor buatan Jepang.

SMI sendiri adalah nama produk motor nasional sibgkatan dari Sepeda Motor Indonesia.
Proyek ini mulai dibangun pada tahun 1995 hingga 1996, pada tahun ini adalah proses riset dan pengembangan sebuah produk sepeda motor dengan dibantuan oleh PT Federal Motor, jika sekarang dikenal dengan nama PT Astra Honda Motor (AHM).

Mamasuki bulan September 1997 lahirlah motor yang diberi nama Expressa (Expresi Bangsa atau Expresi Anak Bangsa).

Nama motor ini dikabarkan diberi langsung oleh Presiden Soeharto, yang turut hadir dalam acara perkenalan purwarupa SMI Expressa.

Meski berhasil membuat satu purwarupa, krisis ekonomi pada 1998 membuat pengembangan motor ini terhenti.

Untuk masalah spesifikasi motor nasional ini mengusung desain ayam jago layaknya motor pabrikan Jepang, SMI Expressa menggunakan mesin MCB 100 cc dengan satu silinder. Tidak ada informasi pasti mengenai spesifikasi dan jumlah unit purwarupa yang telah diproduksi. Seperti dikutip Rizensia dari Viva.co.id

Kini, SMI Expressa hanya tinggal kenangan. Meski sempat dipajang dan dinaiki oleh Presiden Soeharto, akan tetapi masalah krisis membuat motor ini menjadi mati sebelum diproduksi secara masal.

Jika berandai-andai mungkin saja nama SMI akan bersaing dengan merek terkenal seperti Yamaha, Honda, Suzuki, dan pabrikan lainnya.

Tapi Indonesia juga patut berbangga karena saat ini punya merek motor nasional bernama Viar Motor.

Posting Komentar untuk "SMI Expressa, Motor Nasional Pertama Buatan Indonesia"

Langganan Artikel Kami