Mengenal Foxconn Mitra Indika Energy (INDY) Garap Pabrik Mobil Listrik dan Baterai

PT Mitra Motor Group (MMG) resmi membentuk perusahaan patungan atau joint venture dengan perusahaan Singapura, Foxteq Singapore Pte, Ltd.
Assalamu'allaikum...

Foxconn
Logo Foxconn

rizensia - PT Indika Energy Tbk (INDY) melalui anak usahanya yakni PT Mitra Motor Group (MMG) resmi membentuk perusahaan patungan atau joint venture dengan perusahaan Singapura, Foxteq Singapore Pte, Ltd. Anak usaha tersebut bernama PT Foxconn Indika Motor (FIM) yang berfokus pada manufaktur kendaraan listrik.

"FIM akan melakukan kegiatan manufaktur untuk kendaraan listrik komersial dan baterai elektrik, yang akan terfleksikan pada kegiatan usaha seperti melakukan kegiatan manufaktur kendaraan bermotor roda empat. Serta melakukan kegiatan manufaktur batu baterai dan memberikan jasa konsultasi manajemen." tulis Adi Pramono, Corporate Secretary INDY, Jum'at (23/09/2022).

FIM sendiri berdiri pada 22 September 2022, dimana struktur kepemilikan modal MMG sebesar Rp39 miliar atau setara 60%, Foxconn Rp29 miliar atau setara dengan 40%.

Dari hasil kerjasama ini menandakan PT Indika Energy Tbk (INDY) tak main-main menggarap industri kendaraan listrik, ditandai dengan mitra INDY dalam menggarap industri kendaraan listrik dan baterai yakni Foxteq Singapore Pte, Ltd.

Profil Foxconn Mitra Indika Energy (INDY) di Industri Kendaraan Listrik

Foxteq Singapore Pte Ltd adalah perusahaan afiliasi dari Hon Hai Precision Industry Co., Ltd (Foxconn). Foxconn sendiri merupakan perusahaan manufaktur elektronik terbesar di dunia yang berkantor pusat di Tucheng, New Taipe City, Taiwan. 

Perusahaan ini didirikan di Taiwan pada tahun 1974, Hon Hai Technology Group (Foxconn) adalah produsen elektronik terbesar di dunia. Foxconn juga merupakan penyedia solusi teknologi terkemuka, dan terus memanfaatkan keahliannya dalam perangkat lunak dan perangkat keras untuk mengintegrasikan sistem manufaktur uniknya dengan teknologi baru. 

Foxconn telah memperluas tidak hanya kemampuannya ke dalam pengembangan kendaraan listrik, kesehatan digital dan robotika, tetapi juga tiga teknologi utama – AI, semikonduktor, dan teknologi komunikasi generasi baru – yang merupakan kunci untuk mendorong strategi pertumbuhan jangka panjang dan empat pilar produk inti: Elektronik Konsumen Cerdas, Cloud dan Jaringan, Produk dan Komponen Komputasi, dan Lainnya. Pada tahun 2021, pendapatan tahunan Hon Hai mencapai USD 206 miliar.

Setelah memperluas operasi melalui bisnis penghubung, perusahaan ini melakukan langkah besar-besaran ke dalam manufaktur kontrak pada 1990-an. Hubungan bisnis dengan Apple semakin dalam pada tahun 2000-an, dan perusahaan berkembang pesat berkat pesanan dari raksasa elektronik AS, terutama untuk telepon pintar.

Foxconn telah mendirikan pusat R&D dan manufaktur di pasar lain di seluruh dunia termasuk Cina, India, Jepang, Vietnam, Malaysia, Republik Ceko, AS, dan banyak lagi. Dengan fokus pada penelitian dan pengembangan, Foxconn telah memiliki lebih dari 54.253 paten. 

Foxconn telah menerima penghargaan dan pengakuan internasional yang luas sejak didirikan. Taipan ini berada di peringkat ke-22 pada peringkat Fortune Global 500 pada tahun 2021 dan peringkat ke-25 dalam Top 100 Perusahaan Digital dalam peringkat Forbes dan Pemberi Kerja Terbaik Dunia pada tahun 2019. 

Selain menjalankan usaha di sektor barang elektronik, Foxconn juga berekspansi dengan memasuki pasar telekomunikasi dan memenangkan lisensi spektrum seluler berkecepatan tinggi generasi keempat di Taiwan dalam lelang tahun 2013. 

Dikutip dari Nikkei Asia, Pada bulan Juni tahun ini, Hon Hai mengakuisisi saham di anak perusahaan robotika SoftBank Jepang. Hon Hai juga ingin merelokasi beberapa produksi ke India dan negara-negara Asia Tenggara karena meningkatnya biaya tenaga kerja di China. Ini juga meningkatkan upaya untuk mengotomatisasi produksi di pabrik dengan memperkenalkan robot industri.
***

Email: [email protected]
WA: 089657444900
Kami hadir di GOOGLE NEWS

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!