Post Page Advertisement [Top]

Imbas Postif Pemindahan Ibukota Negara Bagi Sulawesi Tengah (Sulteng), Ala Portal Netizen!!

Imbas Postif Pemindahan Ibukota Negara Bagi Sulawesi Tengah (Sulteng), Ala Portal Netizen!!
Lokasi Ibukota Indonesia Masa Depan

Assalamu’allaikum.....

Rizensia.com – Kepastian pemindahan Ibukota Negara semakin nyata dipindahkan oleh pemerintah. Hal ini terungkap ketika Presiden Joko Widodo mengungkapkan lokasi spesifik dari Ibukota yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajem Paser dan Kutai Kartanegara.

Alasan utama Pemerintah memutuskan untuk memindahkan Ibukota, dikarenakan beban dari DKI Jakarta semakin berat, karena menjadi pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa. Dan juga airport bandara dan pelabuhan yang terbesar di Indonesia.

Kemudian, Jokowi mengungkapkan bahwa beban pulau jawa pun semakin berat karena 54% penduduk Indonesia yakni 150 juta jiwa dan 58% PDB ekonomi Indonesia ada di Pulau Jawa.

Pemindahan Ibukota ini tentunya mendapat respon beragam dari masyarakat, ada yang setujuh dan ada pula yang kurang setujuh. Akan tetapi niat dari pemindahan Ibukota Negara keluar Pulau Jawa sebenarnya sangat berpengaruh besar bagi peningkatan pembangunan di daerah khusunya bagi Pulau Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa tenggara, Papua, dan Sumatra.

Karena selama ini pergerakan ekonomi, pendidikan, infrastruktur, bisnis, dan parawisata terpusat di Pulau Jawa. Dan jika dibandingkan dengan daerah lain sangat tertinggal, sehingga sangat diperlukan langkah pemindahan Ibukota Negara agar setiap daerah sama-sama berkembang dan maju bersama menuju Indonesia Maju.

Lalu, bagaimana imbas bagi Sulawesi Tengah dimana letaknya berdekatan dengan lokasi Ibukota baru Indonesia??

Ternyata sangat mempunyai imbas yang sangat positif bagi perkembangan Sulawesi Tengah kedepannya, baik itu dibidang bisnis, pertanian, pendidikan, dan infrastrukutur.

Selama ini Provinsi Sulawesi Tengah belum begitu bergeliat dalam bisnis, hal ini terlihat dari arus masuknya investor ke lokasi Kawasan Ekonomi Khusus Palu belum optimal menggaet investor. Perkembangan investasi di Sulwesi Tengah masih berupa pengelolaan sumber tambang seperti Galian C, Tambang Nikel, Biji Besi dan lain-lain.

Dalam dunia pertanian Sulteng sangat berpotensi menjadi daerah pemasok bahan-bahan pertanian bagi Ibukota nantinya, seperti daerah Napu yang berlokasi di Kabupaten Poso selama ini menjadi pemasok sayur-sayuran di daerah Kota Palu bahkan dikirim ke Pulau Kalimantan.

Sulteng adalah daerah lumbung padi dan bisa memasok beras bagi daerah Kalimantan, karena daerah seperti Kabupaten Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong terkenal dengan persawahannya yang begitu luas.


Dibidang perikanan Sulteng pun mempunyai potensi besar, banyak sentra-sentaral penghasil ikan diwilayah ini. Seperti Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Tojo Una-una, Donggala, Parigi Moutong, Buol dan Toli-toli.

Sementara dari bidang pendidikan Sulteng berpotensi mendapatkan jaminan akibat kedekatan lokasi dengan Ibukota baru, selama ini kualitas pendidikan di Sulawesi Tengah jika dibandingkan dengan daerah seperti Pulau Jawa sangat ketinggalan jauh. Baik itu dari segi fasilitas dan kualitasnya.

Bahkan Universitas Negeri (UN) yang ada di Provinsi Sulteng baru berjumlah satu yakni Universitas Tadulako yang berlokasi di Kota Palu. Dengan semakin dekatnya Ibukota, diharapkan perhatian pemerintah kepada Sulawesi Tengah semakin baik. Dan perkembangan UN baru di Sulawesi Tengah semakin meningkat dan merata kualitasnya seperti di Pulau Jawa.

Di bidang infrastruktur saat ini Sulteng masih terkendala, karena kondisi infrastruktur yang menghubungkan Ibukota Provinsi dan Kabupaten-kabupaten masih terkendala. Hal ini dikarenakan belum banyak pilihan akses transportasi baik itu udara, laut dan darat.

Besar harapan dengan pemindahan Ibukota akses antar daerah di Sulteng semakin maju, dengan hadirnya pelabuhan kapal, bandara udara bersekala International dan bandara printis di Provinsi Sulawesi Tengah.

Intinya dari pemindahan Ibukota sangat bermanfaat besar bagi wilayah-wilayah diluar pulau jawa, dimana selama ini kesenjangannya sangat terasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]