Perbedaan Solar, Pertamina Dex Dengan Dexlite

Kembali lagi Pertamina akan meluncurkan varian baru dari bahan bakar minyak (BBM) yaitu Dexlite. Sekarang ini Pertamina tengah memproses perizinan produk ini di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Foto (Vivanews)
Assalamu'alaikum...

Kembali lagi Pertamina akan meluncurkan varian baru dari bahan bakar minyak (BBM) yaitu Dexlite. Sekarang ini Pertamina tengah memproses perizinan produk ini di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebelumnya juga Pertamina telah meluncurkan Petralite, dimana di sambut dengan baik oleh masyarakat yang ingin merasakan kualitas BBM di atas Premium tetapi harganya tetap terjangkau. Namun, pada varian Dexlite ini, nantinya para penggunaanya akan merasakan hal yang sama pada Petralite, tetapi Dexlite adalah varian BBM yang berada di antara kandungan Solar subsidi dan Pertamina dex.

Lalu, yang menjadi pertanyaan sekarang. Apa perbedaan Solar, Pertamina dex dengan Dexlite? berikut ini penjelasannya:

Dexlite memiliki CN sebesar 51, sementara itu Solar memiliki kandungan CN sebesar 48 dan untuk Pertamina Dex memiliki CN sebesar 53. Kemudian, kandungan sulfur pada Dexlite juga berada diantara Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar/biosolar dan Pertamina dex.

Jika di solar/biosolar kandungan sulfurnya berada di 3.000-3.500, sementara dex berada di 300 ppm, dan dexlite 1000-1.200 ppm. Kemudian dari segi emisi, katanya lebih baik ketinbang solar.

Dalam berakselerasi memakai Dexlite, mesin menjadi bertenaga, dan jauh lebih efisien, jika di bandingkan dengan solar.

Kenapa bisa seperti itu? 

Karena kandungan fatty acid methyl eter/FAME pada solar mencapai 20% sehingga membuat solar kurang bertenaga, beda halnya dengan Dexlite meski mengandung FAME akan tetapi ditambah dengan zat aditif yang membuat hilangnya dampak negatif FAME.

Zat Aditif yang dimasukan tersebut akan menghilangkan sifat mudah membeku FAME dan menaikkan angka cetane (CN). CN sendiri dalam solar sama seperti BBM jenis Premium yaitu oktan (RON), semakin tinggi cetane maka kualitas dari solar menjadi lebih baik, karena makin mudah terbakar membuat akselerasi mesin diesel menjadi lebih baik dan juga emisi menjadi sedikit.

Harga Dexlite berada di kisaran berapa? 

Pertamina belum mengumumkan harga pasti dari Dexlite, tetapi melihat harga solar dan Pertamina dex yang berada di kisaran Rp.5.650 dan Rp.9.850. Kemungkinan harga Dexlite berada dikisaran Rp.7000-8000-an. 
***

Email: [email protected]
WA: 089657444900
Kami hadir di GOOGLE NEWS

1 komentar

  1. Saya ingin tahu apakah warna kuning kecoklatan (sawo matang) pada minyak solar Pertamina adalah hasil dari pewarna BBM atau memang sudah dari sana nya begitu?
Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!