Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Japfa Comfeed Akusisi Kembali So Good Food, Anak Usaha Yang Pernah Dilepasnya

 Assalamu'allaikum....

rizensia - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Mengumumkan bahwa mereka akan mengakusisi 100% PT So Good Food senilai Rp1,2 triliun. Akusisi ini adalah transaksi afiliasi perusahaan yang dimiliki oleh pihak yang sama yakni Japfa Ltd.

Ilutrasi. Foto via Google Image

Aksi korporasi ini terinformasikan dalam perjanjian jual beli bersyarat yang diteken pada 28 Agustus 2020. Nantinya Japfa Comfeed bersama anak usahanya PT Ciomas Adisatwa akan mengambil alih 100% saham So Good Food dari pihak Anona Ltd dan Jupiter Foods Pte Ltd.

Dalam proses pembayarannya Japfa Comfeed akan melakukan dua metode pembayaran. Pertama mereka akan melakukan pembayaran tunai pada 30 November 2020, terdiri dari Rp363,18 miliar dari Japfa ke Jupiter plus Rp18,2 juta, Kemudian Rp1,03 miliar dari Ciomas Adisatwa ke Anona.

Lalu, pembayaran kedua dilakukan oleh Japfa Comfeed dalam bentuk penerbitan promissory notes kepada Jupiter senilai Rp849,89 miliar. Instrumen itu akan dibayar oleh perseroan berdasarkan permintaan Jupiter. Nantinya promissory notes akan dikenakan bunga sejak 16 April 2021 sebesar JIBOR (1 bulan) +2,25 persen per tahun, yang dihitung per hari berdasarkan perhitungan per tahun 365 hari, sampai promissory notes dibayar oleh Japfa Comfeed.

So Good Food adalah Anak Perusahaan Yang Pernah Dilepasnya

PT So Good Food sendiri pernah dilepas oleh PT Japfa Comfeed Indonesia pada tahun 2011, dimana nilai penjualan tersebut ditaksir sebesar US$ 100 juta. Seperti dikutip dari prospektus ringkas perseroan, Selasa (26/4/2011), pihak yang akan membeli So Good adalah sister company perseroan, yaitu Jupiter Foods Pte Ltd dan Annona Pte Ltd, dua perusahaan yang dimiliki oleh Malvolia Pte Ltd (JAPFA Ltd), pemegang 58,32% saham JPFA. Seperti dikutip dari detikcom.

Tujuan Japfa Comfeed Akusisi Kembali So Good Food

Seperti keterangan yang dibuat oleh manajemen Japfa, bahwa akusisi So Good Food adalah langkah strategis dalam memperluas bisnis hilir, yaitu dengan memperbesar kapasitas fasilitas produksi daging olahan.

Kemudian, akusisi ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan langsung olahan kepada konsumen dan semakin mengintegrasikan bisnis Japfa Comfeed dari sektor hulu ke hilir.

"SGF memiliki jaringan saluran pemasaran yang telah lama berdiri, yaitu saluran distribusi, komunikasi, dan layanan yang berinteraksi dengan pasar tradisional dan modern," tulis manajemen Japfa seperti dikutip dari bisniscom.

Posting Komentar untuk "Japfa Comfeed Akusisi Kembali So Good Food, Anak Usaha Yang Pernah Dilepasnya"

Langganan Artikel Kami