Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Tidak di Pimpin Gubernur, Ini Fungsi Serta Kewenangan Kepala Otorita IKN Nusantara

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nantinya akan dipimpin oleh Kepala Otorita, ini berbeda dengan daerah lain yang dipimpin oleh Gubernur.
Assalamu'allaikum....


rizensia - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nantinya akan dipimpin oleh Kepala Otorita, ini berbeda dengan daerah lain yang dipimpin oleh Gubernur. Pemerintah Indonesia pun pada, Kamis (10/03/2022) telah menunjuk Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibukota Negara Nusantara dan akan dilantik pada pukul 14.45 WIB di Istana Negara Jakarta.

Lalu, apa tugas serta kewenangan dan bagaimana cara pemilihan Kepala Otorita IKN? 

Merujuk pada Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, Kepala Ibu Kota Nusantara merupakan kepala Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara. 

Dimana kedudukan kepala daerah ini setingkat menteri, sehingga Kepala Otorita IKN ditunjuk, diangkat dan diberhentikan oleh Presiden setelah berkonsultasi dengan DPR.

Sementara tugas dari Kepala dan Wakil Otorita IKN disebutkan dalam Pasal 11 ayat 1 bahwa ketentuan mengenai struktur organisasi, tugas, wewenang, dan tata kerja Otorita IKN akan diatur dengan jelas melalui Peraturan Presiden (Perpres).

Namun, dalam UU tersebut dikatakan bahwa Otorita IKN bertanggung jawab dan berhak melaksanakan kegiatan persiapan, pembangunan dan pemindahan IKN.

Otorita IKN memiliki kewenangan dalam pemberian izin investasi, kemudahan berusaha serta pemberian fasilitas khusus kepada pihak yang mendukung pembiayaan dalam rangka persiapan, pembangunan dan pemindahan IKN, serta pengembangan IKN dan daerah mitra.

Kewenangan lainnya adalah menetapkan lokasi pengadaan tanah di ibu kota baru dan memberikan persetujuan pengalihan hak atas tanah (HAT) di IKN.

Sementara untuk masa jabatan, Kepala Otorita dan Wakilnya akan memegang jabatan selama lima tahun, terhitung sejak tanggal pelantikan.

Kemudian, Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN juga dapat ditunjuk dan diangkat kembali dalam masa jabatan yang sama. 

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!