Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Pandu Patria Sjahrir, Sang Komisaris Dibanyak Perusahaan

Bagi para pelaku pasar modal ketika mendengar nama Pandu Sjahrir, pasti gak asing lagi.

 Assalamu'allaikum.....

Pandu Patria Sjahrir

rizensia - Bagi para pelaku pasar modal ketika mendengar nama Pandu Sjahrir, pasti gak asing lagi. Ya, kerena ia adalah salah satu Komisaris di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebelum menjadi Komisaris di BEI, awal karir dari Pandu Sjahrir di Indonesia adalah menjabat sebagai Direktur di PT Toba Bara Energi Tbk atau sekarang berganti nama menjadi PT TBS Energi Utama Tbk.

Karir pria kelahiran Massachusetts, Boston, Amerika Serikat, 17 Mei 1979 ini diluar negeri pernah menjadi Analisa Senior dengan spesialisasi sektor energi dan pertambangan di Matlin & Patterson sekitar tahun 2007-2010, kemudian Principal di Byun & Co., Alternative Energy Fund Asia (2002-2005), dan sebagai Analis di Lehman Brothers (2001-2002).

Nah, dari pengalaman ia di dunia pertambangan menjadikannya didapuk sebagai Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Indonesia (APBI) 2015-2018, dan terpilih kembali untuk priode 2018-2021.

Pria peraih gelar Sarjana Ekonomi dari University of Chocago, AS, dan Master of Bisniess Administration  dari Stanford Graduate School of Business, AS ini juga Mitra Pengelola Indies Capital, sebuah perusahaan investasi yang telah berinvestasi lebih dari US$ 1 miliar di berbagai sektor, di antaranya di perusahaan startup. Indies Capital membawahkan Indies Pelago dan Agaeti Capital Venture (ACV) Partners, dua perusahaan investasi yang dikenal fokus mendanai fase awal (seed and early growth stages) perusahaan startup di Asia Tenggara.

Keluarga Pandu Patria Sjahrir

Ayah dari Pandu sendiri adalah seorang aktivis sekaligus ekonom Sjahrir (almarhum) dan Ibunya adalah Nurmala Kartini Sjahrir, yaitu seorang doktor antropologi dari Boston University yang pernah menjadi Duta Besar RI untuk Argentina, sekaligus Paraguay dan Uruguay. Ibunya sendiri adalah adik kadung dari Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Menjadi Komisaris Di Banyak Perusahaan

Bisa dibilang Pak Pandu Patria Sjahrir adalah bapak komisaris. Kenapa? Karena dengan kemampuannya ia banyak dipercayai sebagai komisaris dibeberapa perusahaan, salah satunya menjadi Komisaris di Gojek Indonesia sejak tahun 2017. Ia juga tercatat menjadi Presiden Komisaris SEA Group Indonesia yang menaungi Shopee dan Garena, kemudian menjadi salah satu pemegang saham di PT Bukalapak.com Tbk.

Selain perusahaan di atas, Pandu juga menjadi Komisaris di PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, dan terakhir dimana hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Digital Mediatama (DMMX) 30 Juli 2021 menunjuk ia sebagai Komisaris di perusahaan digital tersebut.

Email: [email protected]

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!




© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!
Dukung!