Tips Menghemat Kuota Internet Tanpa Menggunakan Aplikasi

Internet menjadi gaya hidup yang tak bisa terlepaskan dijaman digital seperti sekarang ini, informasi begitu cepat menyebar tanpa terkendali didunia maya. Tentu kebutuhan akan akses ke internet semakin meningkat, menjadikan Anda membeli paket yang lebih mahal untuk memenuhi kebutuhan akan akses internet.
Assalamu'alaikum....

Ilustrasi via Liputan6

Internet menjadi gaya hidup yang tak bisa terlepaskan dijaman digital seperti sekarang ini, informasi begitu cepat menyebar tanpa terkendali didunia maya. Tentu kebutuhan akan akses ke internet semakin meningkat, menjadikan Anda membeli paket yang lebih mahal untuk memenuhi kebutuhan akan akses internet.

Nah, pada kesempatan kali ini Rizensia akan membagikan "tips menghemat kuota internet tanpa menggunakan aplikasi" tertentu. Langsung saja tanpa basa basi lagi, berikut ini tipsnya. Pertama-tama gunakan jaringan yang lebih rendah contohnya 2G (EDGE), dengan semakin banyaknya smartphone yang memiliki akses 3G bahkan 4G, membuat jaringan 2G menjadi lebih longgar. Tentu hal ini membuat Anda bisa menggunakannya sebagai jaringan utama Anda untuk melakukan browsing, chat, dan aktivitas sosmed lainnya (kecuali streaming Video).

Dan secara tidak langsung berdampak pada kuota internet Anda yang menjadi lebih irit, karena konsumsi kuota yang lebih sedikit namun tak kalah cepat. Rizensia sendiri dalam melakukan aktivitas blogging memakai jaringan 2G sebagai penghubung ke dunia maya, dan kecepatannya pun lumayan biasanya tembus ke 1 Mbps. Rizensia menggunakan provider jaringan terluas di Indonesia, siapakah itu?

Tips kedua ialah, matikan aplikasi yang menggunakan akses jaringan ke internet disaat Anda tidak menggunakannya. Hal ini perlu dilakukan, karena disaat aplikasi tersebut menggunakan bandwidth secara menerus ke jaringan internet tetapi disaat itu juga Anda tidak memerlukannya. Maka itu sama dengan pemborosan kuota internet Anda.

Tips selanjutnya adalah batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan wi-fi saja, jika Anda menggunakan Google Play Store secara tidak langsung smartphone Anda akan melakukan Update secara otomatis setiap aplikasi yang terinstal. Dampaknya tentu pada kuota internet, maka untuk menanganinya Anda bisa mengaktifkan Wi-fi only. Dimana aplikasi aakan melakukan pembaruan disaat terhubung dengan koneksi Wi-fi, untuk mengaktifkannya Anda bisa masuk ke aplikasi Play Store dan pilih menu Settings - Auto-update apps - Auto-update apps over Wi-Fi only.

Itulah tiga tips untuk menghemat kuota internet tanpa menggunakan bantuan aplikasi, semoga artikel ini membantu Anda dalam menghemat kuota internet.
***

Email: [email protected]
WA: 089657444900
Kami hadir di GOOGLE NEWS

4 komentar

  1. great and useful tips!
    1. Makasih ya... :)
  2. Tapi menggunakan jaringan 2G banyak kekurangan lainnya, mendingan matikan aplikasi yang tidak digunakan aja deh. Makasih ya info-nya
    1. Memang sih 2G banyak kekurangan, namanya juga usaha ngehemat kuota internet. Makasih ya Paybill atas kunjungannya. :)
Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!